in

Batik Tak Boleh Mati, Wali Kota Solo: Giliran Anak Muda Melestarikan

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, membuka program Living in Heritage di Ndalem Wiryoningratan, Sabtu (2/10). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Danar Hadi, dalam rangka ulang tahun ke-54, sekaligus Hari Batik Nasional Tahun 2021. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, berharap budaya bangsa Indonesia berupa kain batik, akan terus ada dan tidak mati.

Karena itu, kini saatnya anak-anak muda ikut melestarikan batik, dengan mengenakannya di berbagai kesempatan, bukan hanya pada acara-acara resmi.

Hal itu disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, ketika menghadiri pembukaan program Living in Heritage, yang diselenggarakan oleh Danar Hadi berkolaborasi dengan brand fashion lokal Rown DVSN, di Ndalem Wiryoningratan, Sabtu (2/10).

Kegiatan ini sekaligus dalam rangka HUT Ke-54 Danar Hadi dan memperingati Hari Batik Nasional Tahun 2021.

“Kini giliran kita anak-anak muda, untuk melestarikan batik. Batik bisa digunakan di segala situasi, tidak hanya kondangan. Misalnya digunakan saat main ke mall atau nongkrong. Ini luar biasa. Kolaborasi Danar Hadi dan Rown Dvsn, menjadi bukti bahwa batik dapat dikembangkan untuk anak muda,” jelasnya.

Sementara itu “Living in Heritage” dari Danar Hadi, menampilkan pameran koleksi eksklusif batik Danar Hadi, hasil karya maestro batik Indonesia, Alm H Santosa Doellah.

Pameran “Living in Heritage” dilaksanakan di Ndalem Wuryo Ningratan (House of Danar Hadi – Solo), serta di beberapa Rumah Batik Danar Hadi di Jakarta, Surakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya, 2 Oktober sampai 31 Oktober 2021.

Acara dibuka Wali Kota secara simbolis, dengan mengecap batik, dilanjutkan penyerahan jaket hasil kolaborasi Danar Hadi dan brand fashion lokal Rown DVSN.

Batik Danar Hadi selalu melakukan inovasi produk dan mengeluarkan koleksi-koleksi batik terbaru dengan terus mengikuti perkembangan fashion yang semakin modern dan masakini.

“Batik Danar Hadi, sebagai penjaga wastra kekayaan budaya Indonesia , mampu menerjemahkan nilai-nilai luhur kearifan dalam ragam hias motif batik yang dapat terus diaplikasikan di dalam kehidupan modern saat ini” ujar Diana Santosa, Managing Director PT Batik Danar Hadi. (HS-08)

Share This

CPNS Dinkominfo Blora Ini Munculkan Inovasi Aplikasi Pendataan Menara Telekomunikasi dan Fiber Optic

Kinerja Pengumpulan ZIS Baznas Klaten Terus Membaik