Batang dan Demak Peringkat Dua Predikat Informatif KIP Award Jateng 2020

Foto : Batangkab.go.id

 

HALO SEMARANG – Kabupaten Batang dan Kabupaten Demak, sama-sama mendapat peringkat kedua predikat informatif, dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award 2020.

Peringkat kedua kabupaten itu, berada di bawah Kota Semarang sebagai peringkat pertama dan di atas Kota Surakarta.

“Tahun lalu memang kami peringkat pertama dan tahun ini peringkat dua. Saya kira itulah kompetisi. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Batang, sudah bekerja keras, tetapi mungkin ada kabupaten lain yang kerja kerasnya lebih dari kita,” kata Bupati Batang Wihaji, seusai menyaksikan Penganugerahan KIP Award 2020 secara virtual, di Ruang Abirawa Kantor Bupati, Kabupaten Batang, Rabu (16/12), seperti dirilis Batangkab.go.id.

Walau demikian Wihaji menyatakan tetap menyampaikan terima kasih, kepada Diskominfo yang menjadi sektor potensial dalam informasi publik.

Menurut dia Juara dua sudah termasuk bagus, karena untuk bertahan memang membutuhkan kerja lebih keras. Dia berharap untuk ke depan, prestasi yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Menanggapi ada dua kabupaten yang memperoleh peringkat 2 selain Batang, yaitu Demak yang memiliki nilai sama, Bupati tetap mengapresiasi Komisi Informasi (KI) Jawa Tengah yang telah memberikan anugerah KIP.

“Tidak masalah, itu wewenang KI Jateng. Bagi kami adalah aplikasi yang diterapkan sebagai kebutuhan, karena keterbukaan di masa sekarang ini penting untuk rakyat agar lebih mudah memperoleh informasi,” terangnya.

Selama informasi publik jelas, Lanjut dia, diikuti dengan transparansi itu yang penting. Penghargaan ini hanya sebagai media, justru yang lebih penting aplikasi informasi dari sebuah program maupun kegiatan Pemerintah daerah betul-betul transparan, demi kepentingan masyarakat Kabupaten Batang.

Sementara, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Batang sekaligus PPID Utama Puji Setyowati menerangkan, dengan turunnya peringkat menjadi 2, justru PPID Kabupaten Batang menjadikan hal itu sebagai pemacu untuk lebih baik dan meningkat di pemeringkatan tahun mendatang.

“Kita sudah berusaha semaksimal mungkin mulai dari tahap pemeriksaan website memperoleh nilai 100 dan pengisian Self Assessment Questionnaire (SAQ) dengan nilai 99 dan dimungkinkan saat verifikasi data ada nilai yang belum maksimal,” kata.

Kabupaten Demak

Sementara itu penghargaan serupa diperoleh PPID Kabupaten Demak. Sekda Kabupaten Demak, Singgih Setyono menyatakan bangga atas prestasi yang diraih. Namun dirinya berharap untuk tahun depan Kabupaten Demak dapat menduduki juara pertama.

Foto : Demakkab.go.id

 

“Dalam proses penilaian ini banyak indikator yang digunakan. Untuk presentasinya kami mendapat nilai tertinggi di antara yang lain. Namun ada indikator yang lain yang membuat kami kalah dari Kota Semarang. Sehingga Kota Semarang yang berhak menjadi juara. Suatu saat pada kesempatan lain, kami akan menampilkan yang lebih baik”, terang Singgih.

Terkait kesempurnaan pada keterbukaan informasi, Singgih menambahkan akan melihat kekurangan dalam tahun ini dan untuk tahun yang akan datang kita akan perbaiki kekurangan yang ada dan lainnya yang sudah baik tetap dipertahankan meskipun akan dilakukan upaya perbaikan lagi.

Kepala Dinas Kominfo Demak Endah Cahyarini, menyampaikan rasa bangganya karena PPID Kabupaten Demak, telah melakukan lompatan luar biasa, dari 10 besar dari tahun 2019, menjadi juara dua tahun ini.

“Terima kasih kepada team yang terlibat pada PPID yang telah bekerja keras dan penuh semangat. Namun saya berharap team tetap solid agar ditahun depan Kabupaten Demak bisa meraih juara pertama sebagai Kabupaten informatif”

Sementara itu penganugerahan KIP Award 2020, dilakukan secara virtual dari kantor Komisi Informasi Jawa Tengah, kemarin. Pemkab Demak mengikuti acara tersebut melalui zoom meeting di Ruang Command Center, dihadiri Wakil Bupati Demak Joko Sutanto, Sekda Demak Singgih Setyono, Asisten II Guvrin Heru Putranto, Asisten III Hadi Waluyo, Kadinkominfo Endah Cahyarini,  Direktur RSUD SUKA Deby Armawati, dan Kabag PBJ Wahyu Aji.

Pada tayangan virtual tersebut, disampaikan juara pertama diraih Kota Semarang, juara dua diraih Demak dan Batang, dan juara tiga diraih Kota Surakata. Adapun tujuh Kabupaten Kota menuju informatif meliputi Klaten, Brebes, Temanggung, Banyumas, Wonogiri, Kebumen dan Rembang. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.