in

Basarnas Cilacap Gelar Pelatihan Pertolongan di Ketinggian

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memimpin upacara pembukaan Pelatihan Teknis Pertolongan di Ketinggian, di Lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap, Selasa (21/9). (Foto : Cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap, menggelar Pelatihan Teknis Pertolongan di Ketinggian, untuk Potensi Pencari dan Pertolongan Angkatan I Tahun 2021, 21-25 September 2021 di Gunung Srandil, Adipala, Cilacap.

Pelatihan dibuka Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dalam upacara di Lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap, Selasa (21/9).

Hadir pula Direktur Bina Potensi Basarnas Pusat, Mochamad Hernanto; Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Wijonardi; Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, Nushy Mansur; Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya; Camat Cilacap Selatan Bintang Dwi Cahyono; serta perwakilan Lanal Cilacap, Kodim 0703 Cilacap, Polres Cilacap, PMI Kabupaten Cilacap, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap mengatakan pelatihan ini adalah wadah untuk kolaborasi Basarnas dengan lima elemen, yakni pemerintah, pengusaha, komunitas, media, dan akademisi.

“Selama ini banyak yang beranggapan, bahwa keselamatan adalah tanggung jawab pemerintah. Padahal SAR adalah tugas kita bersama. Maka dari itu, pelibatan lima elemen masyarakat ini, dapat memberikan sumbangsih  dalam memecahkan masalah secara kolaboratif,” kata Bupati Tatto, seperti dirilis Cilacapkab.go.id.

Sementara itu, Direktur Bina Potensi Basarnas Pusat, Mochamad Hernanto mengatakan bahwa peserta akan diberikan pelatihan mengenai pertolongan dan evakuasi, jika terjadi kecelakaan atau bencana di ketinggian atau High Angle Rescue Technique (HART).

“Peserta akan dilatih mengenai teknik pertolongan di ketinggian, contohnya seperti jika ada pendaki gunung yang terpeleset dan jatuh ke jurang, mereka akan bisa membantu menolong dan mengevakuasi,” kata dia.

Pihaknya berharap pelatihan ini bisa membantu dan menjadi perpanjangan tangan Basarnas khususnya di Kabupaten Cilacap. “Kantor SAR ini, personelnya tidak lebih dari 100, dan masih dibagi ke dalam beberapa pos. Maka yang akan membantu dan menjadi perpanjangan tangan kita, adalah masyarakat potensi SAR ini, dengan memberi mereka pelatihan dan sosialisasi,” imbuh Direktur Bina Potensi Hernanto.

Kegiatan Latihan Potensi SAR diikuti oleh 50 peserta, berasal dari perwakilan instansi pemerintah, perusahaan, kelompok hobi dan komunitas, hingga organisasi masyarakat dari 6 Kabupaten yakni Cilacap, Banyumas, Brebes, Purbalingga, Kebumen dan Purworejo.

Peserta Pelatihan akan mendapatkan teori terkait pertolongan pertama dan cedera pada korban di Kantor Basarnas Cilacap pada 21-23 September 2021 dan praktik pertolongan di ketinggian di Gunung Selok, Adipala, 24-25 September 2021. (HS-08)

Share This

Resmikan Madin Baitut Thoyyibah, Bupati Cilacap Tekankan Pembangunan Akhlak

Lapakemane, Geliat Rumah Jajanan UMKM Brebes