Bartomeu Mundur dari Barca, Laporta Favorit

Josep Maria Bartomeu/dok.

 

HALO SPORT – Presiden FC Barcelona Josep Maria Bartomeu akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya pada Rabu (28/10/2020). Ini dilakukan setelah adanya desakan dari para anggota klub Catalan itu.

‘’Saya sudah memberitahukan soal pengunduran diri saya sebagai presiden klub beserta seluruh jajaran petinggi klub,’’ ungkap Bartomeu kepada Football-Espana.

Menurut pria 57 tahun itu, keputusan ini diambil secara seksama dan tanpa tekanan, serta disepakati seluruh direksi. Langkah Bartomeu ini memang sudah diprediksi selepas adanya petisi dari lebih 16 ribu anggota klub.

Mereka menuntutnya mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban atas performa buruk Barca musim lalu. La Blaugrana nirgelar dan mengakhiri musim dengan kekalahan 2-8 dari Bayern Munich pada perempat final Liga Champions.

Selain itu, Bartomeu dianggap bermasalah dengan kepemimpinannya sebagai presiden. Dia dituding menyewa buzzer untuk melindungi diri dari serangan pihak luar.

Wirausaha ini juga dianggap tidak becus dalam sejumlah transfer mahal yang berujung kegagalan seperti Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, dan Antoine Griezmann. Tragisnya, Josep bermasalah dengan Lionel Messi.

Dengan pengunduran diri Bartomeu dan jajaran direksi, Barca punya waktu maksimal 90 hari untuk mengadakan pemilihan presiden baru.

Bakal ada manajemen sementara untuk menjalankan roda klub sehari-hari hingga pemilu selesai digelar.

Beberapa calon presiden baru yang mencuat adalah Victor Font, Joan Laporta, dan Jordi Roche. Bartomeu menjabat presiden klub sejak 23 Januari 2014.

Prestasi Josep adalah empat gelar LaLiga, empat gelar Copa del Rey, satu Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Dunia Antarklub. Kepergiannya membuat Laporta menjadi favorit.

Pengacara 58 tahun itu pernah memimpin Barca pada 2003 hingga 2010. Laporta jelas jauh lebih baik dibandingkan penerusnya, Sandro Rosell dan Bartomeu.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.