Barang Bukti 40.011 Obat Terlarang dan 263,115 Gram Sabu-sabu Dimusnahkan Kejari Kendal

Pemusnahan barang bukti kejahatan yang dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Kendal, Ronaldwin, Rabu (23/9/2020).

 

HALO SEMARANG – Kejaksaan Negeri Kendal memusnahkan barang bukti (BB) yang didapatkan dalam kurun waktu Desember 2019 hingga September 2020, Rabu (23/9/2020).

Dari barang bukti yang terkumpul dan dimusnahkan, mayoritas didominasi jenis narkotika.

Acara pemusnahan dihadiri Kapolres Kendal, AKBP Ali Wardana, Kepala Dinkes Kendal, Ferinando Rad Bonay, Kalapas Kelas IIA Kendal, Syamsul Hidayat, Kepala BNNK Kendal, Sharlin Tjahaja Frimer Arie, dan Kepala Pengadilan Negeri Kendal, Kamijon, serta tamu undangan lain.

Kepala Kejaksaan Negeri Kendal, Ronaldwin mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan dari 56 perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Barang bukti ini dari 56 perkara yang sudah diputus untuk dirampas, dan dan kemudian dimusnahkan,” katanya kepada awak media usai pemusanahan barang bukti.

Kajari Kendal, Ronaldwin menjelaskan, setidaknya ada 40.011 butir pil dan obat-obatan terlarang serta 263,115 gram sabu-sabu yang dimusnahkan hari ini.

“Selain pil dan sabu-sabu, ikut dimusnahkan pula ganja seberat 4,4 gram, kemudian tembakau gorila seberat 3,1 gram, dan berbagai barang bukti lainnya, termasuk senjata tajam yang digunakan untuk tindak kejahatan,” ungkap Ronaldwin.

Pemusnahan dilakukan dengan cara barang bukti dimasukan kedalam alat “insinerator” atau mesin pemusnah barang bukti narkoba milik Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Jawa Tengah.

“Khusus sabu-sabu, ganja, dan obat terlarang, dimusnahkan dengan cara dimasukan dan dibakar dengan suhu tinggi, hingga menjadi abu kedalam insinerator milik BNNP Jawa Tengah,” jelas Ronaldwin.

Sedangkan untuk barang bukti lain seperti alat penimbang, handphone, senjata tajam, senjata airsoft gun, handphone, dan lain-lain, pemusnahkan dilakukan dengan cara dipotong-potong atau dihancurkan, kemudian dibakar.

“Ini untuk mempertegas bahwa aparatur penegak hukum tetap berkomitmen dalam memberantas kejahatan kejahatan narkoba,” pungkas Ronaldwin.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.