in

Banyak Wajah Baru di DPRD, Ketua Dewan Minta Agar Bisa Langsung Adaptasi

Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman, saat menghadiri diskusi bertempat di Hotel Quest Semarang, Kamis (27/6/2024).

HALO SEMARANG – Pada periode 2024-2029 mendatang, setidaknya akan ada 18 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang yang menjadi wajah baru dari total 50 anggota dewan terpilih yang rencananya akan dilantik pada Agustus mendatang.

Sedangkan sisanya adalah wajah lama atau incumbent yang kembali terpilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) bulan April lalu. Dan beberapa partai diketahui mengalami penambahan kursi seperti PSI, Golkar dan Gerindra yang akan menyetorkan beberapa wajah baru, termasuk PKS meskipun masih sama memiliki enam kursi.

Ketua DPRD Kota Semarang, Kadar Lusman mengatakan, bahwa wajah baru di dewan ini diharapkan bisa langsung cepat menyesuaikan diri setelah pelantikan. Pilus, sapaannya, mencontohkan pada tahun 2004 lalu, dirinya pun menjadi wajah baru di DPRD.

“Kalau sudah terpilih keinginan belajar pasti ada, mereka harus bisa segera beradaptasi. Misal, kalau sudah masuk fraksi, kan mereka bisa sharing dengan satu partai, setelah itu jika sudah masuk badan atau komisi kan bisa belajar lagi dengan dewan dari partai lain,” ujarnya, saat acara diskusi yang mengangkat tema Mewujudkan Parlemen yang Responsif, Aspiratif, dan Akuntable, di Hotel Quest Semarang, Kamis (27/6/2024).

Pilus menambahkan, proses belajar anggota dewan setelah pelantikan berlangsung sekitar tiga bulan. Setelah itu, dipastikan para anggota dewan baru ini bisa belajar untuk mengawal aspirasi warga di DPRD.

“Ya mungkin penyesuaian dulu, tapi bisa belajar dari teman-teman karena incumbent juga masih banyak,” katanya.

Meskipun berbeda partai, lanjut politikus PDI-Perjuangan ini, perbedaan di DPRD ini harus disatukan dan bisa mengawal pemerintahan. Sebab, fungsi dewan sendiri sudah jelas, yakni pengawasan, penganggaran dan pembuatan Perda.

“Setelah jadi, kuncinya tetap merawat konstituen dengan membuka keran komunikasi. Serta mengawal aspirasi dari masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Wahyoe ‘Liluk’ Winarto menjelaskan, bahwa setelah dilantik para dewan ini harus memiliki komitmen kepada masyarakat. Caranya dengan turun ke bawah dan melakukan silaturahmi.

“Mungkin tetap harus belajar dan menyesuaikan dulu, salah satunya adalah agar menjalin komunikasi,” imbuhnya.

Sementara itu, praktisi Ilmu Politik dari Unnes, Martien Herna menjelaskan, para dewan yang terpilih adalah orang yang dipercaya masyarakat, termasuk dewan baru yang akan dilantik Agustus mendatang.

Pihaknya pun meminta agar para wakil rakyat ini bisa melayani masyarakat atau pemilihnya dengan baik, sebab terpilihnya mereka pada Pileg lalu adalah diperoleh dari masyarakat. (HS-06)

 

Kendal Masuk Lima Besar di Ajang Popda Jateng 2024

Pemotor Meninggal Dunia Usai Terlindas Truk di Jalan Yos Sudarso Semarang