in

Banyak Wajah Baru, Dewan Diharapkan Lebih Solid Mengawal Aspirasi Masyarakat

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Wahyu Winarto, saat dialog interaktif dengan tema Tantangan dan Harapan DPRD Kota Semarang periode 2024-2029, di Uppeak Hotel Semarang, Rabu (3/7/2024)

HALO SEMARANG – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Wahyu Winarto, berharap anggota dewan selalu solid dalam mengawal aspirasi dan kepentingan masyarakat, meskipun berbeda kepentingan dan ideologi politik.

Selama ini, dia mengaku dirinya dan anggota dewan lain dalam menjalankan tugas dan fungsinya di legislatif, selalu dapat bekerjasama. Apalagi yang terkait dengan pelayanan dan kepentingan kepada masyarakat.

“Kalau demi kepentingan masyarakat, kita satu. Wajib turun ke bawah mengawal aspirasi masyarakat dan mengawasi program kerja Pemkot Semarang,” katanya saat menjadi narasumber Dialog Interaktif DPRD Kota Semarang dengan tema Tantangan dan Harapan DPRD Kota Semarang periode 2024-2029, di Uppeak Hotel Semarang, Rabu (3/7/2024).

Liluk, sapaan akrabnya, juga berharap dewan periode yang baru ini tetap bisa menjalin hubungan baik dengan Pemkot Semarang, bahkan ditingkatkan.

“Selama ini, hampir tidak ada gesekan (antara pemkot dan dewan). Misalnya masalah anggaran, jika memang dilakukan dengan betul, kita support,” ujarnya.

Anggota dewan juga diharapkan tetap mau turun menyerap dan mengawal aspirasi di masyarakat. Serta mengawasi program kerja Pemkot Semarang dari awal sampai selesai dilaksanakan.

“Masyarakat pun harus ikut berpartisipasi untuk membangun Kota Semarang lebih baik. Jadi semangat kerjasama tim antara dewan, pemerintah terutama masyarakat harus dijaga dengan baik,” tegas legislator dari Partai Demokrat ini.

Sementara Wakil Rektor III Universitas Semarang (USM), N Junaidi mengatakan, anggota dewan terpilih periode 2024-2029, merupakan representasi dari semua partai peserta Pemilu 2024. Masyarakat memilih mereka untuk mengawal aspirasinya.

“Dengan banyaknya partai dan wajah baru di dewan, tentunya diharapkan bisa memberikan kebijakan berbeda dan membentuk sistem yang bagus. Selain juga monitoring dewan ditingkatkan agar pemerintahan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Menurutnya, dewan berfungsi sebagai lembaga pengawasan, pembuatan legislasi dan anggaran. Sehingga harus menjembatani aspirasi masyarakat, yang pada akhirnya untuk kesejahteraan dan peningkatan pembangunan Kota Semarang.

Sedangkan Dwi Hastuti, Kepala Bagian Kerjasama dan Otonomi Daerah Setda Kota Semarang menambahkan, dewan selama ini dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga legislatif membuat peraturan, anggaran dan pengawasan cukup baik. Kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui anggota dewan selalu disupport. (HS-06 )

 

Soal Tutup Pintu Koordinasi, Polri Nyatakan Tempatkan Personel Terbaik di KPK

Kapolda Jateng Perintahkan Seluruh Kapolres Tindak Praktik Judi