Banyak Permohonan Masuk, Dinkes Tegaskan Tak Melayani Surat Keterangan Bebas Covid untuk Keperluan Luar Kota

Salah satu warga menjalani Rapid Test Corona di Balai Kota, beberapa waktu lalu.

 

HALO SEMARANG – Banyaknya pertanyaan atau permohonan surat bebas Covid-19 yang masuk untuk keperluan warga yang akan pergi ke luar kota, membuat Dinas Kesehatan Kota Semarang memberikan imbauan ke masyarakat.

Bagi warga yang ingin memperoleh surat keterangan bebas Covid atau hendak melakukan rapid test mandiri, sebaiknya dilakukan di rumah sakit rujukan.

Dinas Kesehatan Kota Semarang menegaskan tidak melayani pembuatan surat keterangan bebas Covid-19 untuk masyarakat yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota.

Hal ini menyusul adanya kebijakan harus melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 bagi masyarakat yang hendak masuk ke DKI Jakarta ataupun kota lainnya.

“Menanggapi banyaknya pertanyaan dari masyarakat terkair penerbitan surat bebas Covid-19, kami sampaikan Dinkes tidak melayani permintaan rapid test atau swab test secara mandiri. Apalagi jika itu dibutuhkan untuk kelengkapan syarat melakukan perjalanan jauh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam, Jumat (29/5/2020).

Hakam menandaskan, Dinkes hanya mengeluarkan keterangan hasil swab atau rapid test yang dilakukan secara acak dan sampling di tempat umum yang berisiko terjadi penyebaran Covid-19.

Selain itu pihaknya juga mengeluarkan keterangan hasil pemeriksaan dari orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang berada di rumah isolasi dan tenda karantina Rumah Dinas Wali Kota Semarang dengan kriteria tertentu.

“Kami sendiri memiliki alur penerimaan pasien di rumah isolasi. Pasien datang kami jemput dengan ambulan, khususnya bagi PDP ringan dan tidak ada gangguan respirasi. Atau memang pasien tersebut rujukan dari rumah sakit,” terang Hakam.

Hakam melanjutkan, jika masyarakat membutuhkan surat keterangan bebas Covid-19 untuk keperluan perjalanan, pihakmya mengimbau untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri ke rumah sakit rujukan yang dapat melayani rapid atau swab test.

“Silakan langsung ke rumah sakit yang bisa melayani rapid atau swab test,” tuturnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.