in

Bantu Tenaga Medis, Pegadaian Salurkan Bantuan Mobil Ambulans ke Klinik Permata

EVP PT Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang, Edi Sarwono (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan 1 unit mobil ambulans kepada penanggungjawab Klinik Permata, dr Afriyanto (kanan), di Kantor Kanwil XI Semarang, Rabu (21/7/2021).

 

HALO SEMARANG – PT Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang kembali menyalurkan dana kebajikan umat (DKU) dalam bentuk satu unit ambulans. Kali ini, DKU tersebut disalurkan ke Klinik Permata, yang terletak di Jalan Ki Mangunsarkoro, Semarang, Rabu (21/7/2021).

Bantuan mobil ambulans tersebut diambilkan dari DKU Cabang Pegadaian Syariah Kaligarang Area Semarang dengan nilai Rp 240 juta. Sebelumnya, bantuan ambulans juga disalurkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Semarang.

Executive Vice President (EVP) PT Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang, Edi Sarwono menyampaikan, penyaluran bantuan tersebut adalah wujud nyata bentuk corporate social responsibility (CSR) dari Pegadaian ke masyarakat.

“Ini membuktikan Pegadaian tidak hanya berorientasi bisnis saja tapi juga bermanfaat bagi orang lain. Itu melalui CSR, baik dari konvensional maupun syariah bahkan laba perusahaan, dalam bentuk kemitraan dan bina lingkungan,” kata Edi Sarwono.

Dana Kebajikan Umat atau yang biasa disebut DKU tersebut berasal dari Cabang Pegadaian Syariah. DKU merupakan dana kelebihan dari transaksi yang nominalnya sangat kecil dan tidak diambil nasabah.

Dana tersebut kemudian dikumpulkan dan disalurkan kembali untuk masyarakat dalam bentuk CSR. Sehingga, dana tersebut kembali ke masyarakat.

“Kelebihan kecil dari transaksi nasabah itu dikumpulkan, tapi perusahaan tidak boleh menjadikannya sebagai pendapatan. Karena itu kita salurkan lagi dalam bentuk DKU,” jelasnya.

Menurut Edi Sarwono, bantuan ambulans tersebut sangat tepat di tengah berlangsungnya pandemi Covid-19 ini. Sebagaimana diketahui, tenaga medis disibukkan dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya kepada masyarakat yang terkena Covid-19.

Terlebih, Klinik Permata yang berada di naungan PT Pegadaian Kanwil XI Semarang harus memberikan pelayanan kepada ribuan pegawai Pegadaian yang tersebar kabupaten dan kota di Jawa Tengah dan di DI Yogyakarta.

“Dengan adanya ambulans ini bisa menambah tim medis lebih cepat, tidak ada kendala lagi, mobilitas lebih lancar,” harapnya.

Bantuan diserahkan secara simbolis dan diterima oleh dr Afriyanto selaku penanggungjawab Klinik Permata. Afriyanto menyampaikan, bantuan memang sangat dibutuhkan mengingat tanggungjawab Klinik Permata yang mencakup seluruh wilayah kerja Pegadaian Kanwil XI Semarang.

“Yang pasti, mobil ambulans ini sangat kami butuhkan untuk menjalankan tugas kami memberikan pelayanan kesehatan. Tak hanya untuk internal Pegadaian saja tapi juga masyarakat luas,” ucapnya.(HS)

Share This

Berkurban untuk Pandemi, Pasutri Ini Keliling Kota Semarang Bagikan Nasi Bungkus

125 Penyandang Disabilitas Mental Rembang Divaksin, Ganjar: Semoga Mereka Terlindungi