in

Bantu Digitalisasi Ekonomi Pedesaan, Amartha Kembangkan Program AmarthaOne

Aditya Pratomo, selaku Head of New Retail Amartha (kiri) menunjukan aplikasi Amartha+ saat meluncurkan program AmarthaOne di Hotel Mahima Semarang, Kamis (30/3/2023).

HALO SEMARANG – PT Amartha Mikro Fintek prosperity platform yang berfokus pada penyediaan layanan keuangan dan teknologi inklusif bagi UMKM akar rumput, mengembangkan program keagenan AmarthaOne. Yakni program yang memfasilitasi para agen untuk dapat memberikan layanan keuangan digital di pedesaan yang dapat
diakses melalui aplikasi Amartha+.

AmarthaOne merupakan wujud kontribusi Amartha dalam melakukan digitalisasi ekonomi pedesaan sebagai komitmen perusahaan dalam menyediakan teknologi yang inklusif.

Menurut Aditya Pratomo, selaku Head of New Retail Amartha, pengembangan AmarthaOne sejalan dengan komitmen menyediakan teknologi inklusif untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM pedesaan.

“Dengan AmarthaOne, para agen dapat memperoleh keuntungan lebih besar dari hasil penjualan PPOB (voucher pulsa dan pembayaran tagihan rumah tangga) sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM. Pelanggan UMKM pun akan terbantu karena layanan keuangan digital dapat diperoleh dengan mudah dan dekat,” papar Aditya Pramono di Semarang, Kamis (30/3/2023).

Aditya menambahkan, layanan di agen AmarthaOne juga meliputi cashless payment point, sehingga mitra binaan Amartha dapat membayar angsuran lewat agen AmarthaOne. Mereka yang
menjadi agen AmarthaOne telah teredukasi literasi keuangan digital serta memiliki riwayat portofolio pinjaman yang baik.

Saat ini program keagenan AmarthaOne telah tersedia di 17 wilayah regional Amartha. Di antaranya di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Diungkapkan, dalam perjalanannya selama 13 tahun menciptakan dampak bagi Indonesia, Amartha senantiasa berupaya untuk terus bertumbuh dan menjangkau jutaan UMKM akar rumput lainnya. Untuk performa bisnis di tahun 2022, Amartha telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, yakni tumbuh 93 persen (YoY) atau hampir 2 kali lipat dari total dana yang disalurkan. Dari sebelumnya mencapai Rp 2,4 triliun  menjadi lebih dari Rp 4,7 triliun.

“Pertumbuhan bisnis tersebut salah satunya didukung oleh porsi total pendanaan area pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dengan penyaluran hingga lebih dari Rp 570 miliar kepada lebih dari sebanyak 160 ribu UMKM. Performa layanan AmarthaOne di Jawa Tengah Terhitung sejak pertengahan 2022, Amartha telah berhasil menjangkau lebih dari 10.000 agen AmarthaOne yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Jawa Tengah merupakan provinsi dengan tingkat digitalisasi yang cukup tinggi, terlihat pada signifikannya peningkatan jumlah agen AmarthaOne yang mencapai lebih dari 1.000 agen
dalam waktu beberapa bulan,”jelasnya.

Untuk meningkatkan jangkauan agen AmarthaOne, Amartha melakukan ekspansi nasional ke seluruh cabang operasional. Serta mengadakan sosialisasi layanan AmarthaOne melalui program Sanggar Digital Amartha secara rutin. Sosialisasi tersebut terbukti efektif untuk memperluas jangkauan ke UMKM dan memberikan kesempatan bagi lebih banyak mitra untuk memanfaatkan program digitalisasi yang diberikan.

Di samping itu, adanya intervensi yang dilakukan Amartha seperti pelatihan tentang pemasaran dan keuangan kepada calon agen dapat memudahkan proses digitalisasi di lapangan.

“Tahun ini, Amartha memperingati 13 tahun perjalanannya dalam menciptakan dampak. Masih banyak potensi UMKM akar rumput yang bisa kita tingkatkan melalui teknologi inklusif. Khusus program keagenan ini, ke depannya Amartha akan fokus mengembangkan program keagenan AmarthaOne yang semakin terintegrasi dan dapat menciptakan dampak ekonomi berkelanjutan. Dan Amartha juga membuka potensi kolaborasi dengan berbagai pihak baik untuk bersama meningkatkan ekonomi akar rumput agar tercipta kesejahteraan yang merata,” pungkas Aditya. (HS-06)

Bank bjb Cabang Semarang Fasilitasi Penukaran Uang Jelang Lebaran 

Gerakan Santri Menulis di USM, Dr Supari: Santri Multitalenta Bisa Mengubah Generasi Muda yang Religius dan Nasionalis