in

Bantai Filipina 4-0, Timnas Indonesia Miliki Peluang Lolos Semi Final

Striker Timnas Indonesia, Muhammad Ridwan pencetak gol pertama ke gawang Filipina pada laga lanjutan cabang sepak bola Grup A SEA Games 2021 yang dilaksanakan di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (13/5/2022) sore WIB.

HALO SPORT – Timnas U-23 Indonesia sukses membantai Filipina dengan skor telak 4-0 pada laga lanjutan cabang sepak bola Grup A SEA Games 2021 yang dilaksanakan di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (13/5/2022) sore WIB. Gol Garuda Muda dicetak Muhammad Ridwan (menit 18), Rizky Ridho (44), Egy Maulana Vikri (75), dan Marselino Ferdinan (85-pen).

Hasil ini membuat Indonesia mengemas dua kemenangan dari tiga laga dan untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Grup A SEA Games 2021 dengan 6 poin di atas Vietnam dan Myanmar, yang baru bermain dua kali.

Koleksi enam angka Timnas Indonesia U-23 sama persis dengan Timnas Myanmar U-23 di posisi dua. Namun, skuad Garuda Muda (julukan Timnas Indonesia U-23) berhak berada di puncak karena unggul selisih gol yakni +4 berbanding +2 milik Timnas Myanmar U-23.

Hanya saja, Timnas Indonesia U-23 melakoni pertandingan lebih banyak ketimbang Timnas Myanmar U-23 dan Vietnam. Ketika Timnas Indonesia U-23 sudah melakoni tiga laga, hingga Jumat (13/5/2022) sore Myanmar baru menjalani dua pertandingan.

Rencananya baru pada malam ini, Myanmar menjalani pertandingan ketiga mereka. Myanmar bakal ditantang tuan rumah Vietnam yang kini menempati posisi tiga klasemen dengan koleksi empat angka.

Sama seperti Myanmar, Vietnam juga baru menjalani dua pertandingan. Jadi, tim yang memenangkan laga Myanmar vs Vietnam berpotensi naik ke puncak klasemen Grup A SEA Games 2021 menggeser Timnas Indonesia U-23.

Tepat di bawah Vietnam ada Filipina yang mengoleksi empat angka. Filipina sudah tak mungkin lolos ke semifinal SEA Games 2021, mengingat sudah memainkan seluruh pertandingan dan hanya mengemas 4 poin. Garuda Muda pun semakin dekat ke semifinal SEA Games 2021 dan tinggal menghadapi Myanmar pada laga pamungkas Grup A, Minggu (15/5/2022).

Jalannya pertandingan Indonesia vs Filipina Filipina berjalan ketat pada awal babak pertama. Peluang pertama Filipina hadir melalui sepakan spekulasi sang gelandang Scott Philip Woods dari luar kotak penalti. Upaya Woods berhasil menemui sasaran, tetapi kiper Ernando Ari Sutaryadi masih bisa mengamankan gawangnya.

Setelah 10 menit berlalu, Indonesia mulai bisa keluar dari tekanan. Kombinasi umpan-umpan pendek membuat Garuda dapat menembus pertahanan lawan. Garuda Muda sukses membuka skor pada menit 18. Gol bermula ketika Egy mendapatkan umpan dari lini kedua. Penyerang sayap FK Senica itu lalu menggiring bola dengan cepat di area kanan dan menyodorkan umpan di depan gawang Filipina, yang dimanfaatkan dengan baik oleh Muhammad Ridwan untuk menceploskan bola ke gawang kosong.

Unggul 1-0 membuat Indonesia makin dominan dalam menghadapi permainan Filipina. Trio gelandang Marc Klok, Syahrian Abimanyu, dan Ricky Kambuaya memegang peran penting dalam permainan Garuda Muda.

Gol kedua Indonesia akhirnya hadir pada menit ke-44 yang berawal dari situasi tendangan bebas. Syahrian Abimanyu mengambil tendangan bebas di area kanan. Sang gelandang kidal kemudian mengirim bola melengkung ke kotak penalti lawan. Rizky Ridho lalu memenangkan duel kontra kiper Filipina di dalam kotak enam yard dan sukses menanduk bola yang membawa Indonesia unggul 2-0. Gol Ridho pun membuat Indonesia unggul 2-0 atas Filipina saat turun minum.

Pada awal babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan dengan memasukkan Marselino Ferdinan dan Irfan Jauhari. Mereka menggantikan Abimanyu dan Ridwan. Saat peluit babak kedua ditiupkan, Filipina memberikan ancaman nyata via aksi Jovin Bedic usai menerima umpan pantulan dari rekannya di kotak penalti.

Bedic yang mendapatkan ruang lalu melepaskan tendangan keras, tetapi gol masih belum didapatkan Filipina karena upaya sang striker mencium mistar. Meski ditekan, Indonesia masih dapat memberikan respons baik.

Respons apik Garuda Muda berbuah hasil saat laga berusia 74 menit. Kali ini, Irfan Jauhari berkombinasi dengan Egy di kotak penalti. Irfan yang melihat Egy datang dari arah kanan dengan cermat memberikan umpan pendek. Sambil berlari, Egy mengakhiri peluang lewat tendangan kaki kiri yang gagal diselamatkan Quincy.

Dominasi Garuda Muda kian tak terbendung. Pada menit ke-84, aksi pemain pengganti Ronaldo Kwateh memaksa bek Enrique Linares melakukan pelanggaran di dalam kotak terlarang. Indonesia pun mendapatkan hadiah penalti dan Marselino Ferdinan yang maju sebagai eksekutor sukses mencetak gol. Gol penalti Marselino Ferdinan menutup pesta gol Indonesia. Alhasil, Garuda Muda menang 4-0 atas Filipina.(HS)

Hendi Ajak Masyarakat Wujudkan Semarang Sehat agar Semakin Hebat

Mengetahui Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin untuk Ayam Aduan