Bantai Arema 5-1, PSIS Naik ke Papan Tengah Klasemen Sementara

Septian David Maulana menjadi bintang kemenangan PSIS atas Arema FC dengan mencetak dua gol dan satu assist. (foto dokumen Instagram @psisfcofficial).

 

 

HALO SEMARANG – PSIS sukses menumbangkan tamunya, Arema FC dengan skor besar 5-1 dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (8/12/2019). Lima gol PSIS diciptakan Hari Nur Yulianto (menit 10), Septian David Maulana (40 dan 54), Bruno Silva (62), dan Komarudin (90+1). Sementara satu gol balasan Arema FC dilesakkan Rivaldi Bawuo pada menit ke 49.

Septian David Maulana menjadi bintang kemenangan PSIS dengan mencetak dua gol dan satu assist.

Atas hasil ini membuat PSIS semakin aman dari ancaman degradasi dan merangsek ke papan tengah klasemen sementara. Kini anak asuh Bambang Nurdiansyah menempati posisi 11 klasemen sementara, dengan nilai 40 dari 31 pertandingan yang telah dijalani. Nilai ini terpaut sembilan angka dari nilai yang diperoleh Semen Padang yang menduduki peringkat 16 klasemen sementara. Semen Padang memiliki nilai 31 poin dari 31 laga yang telah dijalani. Sedangkan Perseru Badak Lampung FC yang menduduki peringkat 17, telah mengemas 30 poin dari 30 laga yang telah dijalani.

Pada laga itu, pertandingan berlangsung dengan tempo cepat sejak menit awal. Bahkan pada menit ke-10, Stadion Moch Soebroto sudah bergemuruh menyambut gol yang dicetak oleh Hari Nur Yulianto. Memanfaatkan umpan lemparan ke dalam yang dilakukan Frendy Saputra, Septian David Maulana mengirim umpan ke Hari Nur yang lolos dari kawalan bek Arema FC. Hari Nur pun dengan mudah menaklukkan kiper Kurniawan Kartika Ajie lewat sepakan kaki kiri.

Unggul satu gol, PSIS mulai menguasai jalannya pertandingan. Di sisi lain, Arema FC terlihat kesulitan membangun serangan untuk mengancam gawang PSIS yang dijaga Jandia Eka Putra. Kombinasi Dendi Santoso, Sylvano Comvalius, dan Rifaldi Bawuo, yang menjadi trio lini serang Arema FC selalu patah di sepertiga pertahanan PSIS.

Menit ke-40, PSIS sukses menggandakan keunggulan. Lagi-lagi kombinasi Hari Nur dan Septian David membuahkan gol untuk klub asal Kota Semarang ini. Bola umpan silang Hari Nur dari sayap kiri sukses diselesaikan Septian David dengan sodoran kaki kanan. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan PSIS.

Pada babak kedua, Arema FC mencetak gol cepat pada menit ke-49. Menerima umpan terobosan Dendi Santoso, Rivaldi Bawuo langsung berhadapan langsung dengan kiper Jandia Eka Putra. Rivaldi dengan tenang melewati Jandia untuk kemudian memasukkan bola dengan kaki kanannya.

Tidak ingin Arema FC menguasai laga, PSIS mencetak gol ketiga pada menit ke-54. Memanfaatkan skema sepak pojok, Septian David kembali mencetak gol dengan sundulan, setelah memenangi duel dengan Hendro Siswanto. Delapan menit berselang, gawang Arema FC kembali kemasukan untuk keempat kalinya. Gol PSIS berawal dari kesalahan kiper Kurniawan Kartika Ajie yang gagal menangkap tendangan Bayu Nugroho dari luar kotak penalti.

Bola muntah tersebut kemudian diselesaikan oleh Bruno Silva dengan kaki kanannya. Unggul 4-1, PSIS memilih menurunkan tempo permainan.

Sementara itu Arema FC masih kesulitan menembus pertahanan PSIS meski lebih banyak menguasai bola. Pada masa injury time, pemain pengganti, Komarudin menutup pesta gol PSIS. Berawal dari serangan balik, Komarudin memanfaatkan kelengahan lini belakan Arema FC dengan mencetak gol melalui sundulan kepala. Hingga akhir pertandingan, skor 5-1 untuk kemenangan PSIS bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit yang memimpin laga.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.