Bank Sampah Induk Kendal Jadi Pemenang Ketiga Festival Lingkungan Astra 2020

Pengumuman kejuaraan Festival Lingkungan Astra 2020 dengan tema “Eco-Youth Generation” secara virtual, Sabtu lalu (28/11/2020).

 

HALO KENDAL – Bank Sampah Induk Kabupaten Kendal mendapatkan prestasi bergengsi di tingkat nasional, dengan meraih peringkat tiga tingkat Nasional Astra Award Competition, yang diikuti ratusan bank sampah yang tersebar dari berbagai penjuru Indonesia.

Adapun pengumuman kejuaraan tersebut dilaksanakan secara virtual pada saat acara Festival Lingkungan Astra 2020 dengan tema “Eco-Youth Generation”, Sabtu lalu (28/11/2020).

Ketua Bank Sampah Induk Kendal, Nunuk Sarah Zenubia mengatakan, raihan prestasi ini merupakan upaya pengurus bank sampah induk Kendal yang terus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dan memilah sampah dari rumah.

“Alhamdulillah setelah tujuh tahun mengelola bank sampah, akhirnya mendapat apresiasi dan penghormatan dari Astra. Awalnya kami masuk 20 besar lalu lolos jadi finalis delapan besar tingkat nasional. Kami berharap banyak lagi pihak yang peduli akan pengelolaan sampah dan menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk mau memilah sampah dari rumah,” ungkap Zenubia.

Dikatakan, Bank Sampah Induk Kendal berdiri sejak tanggal 29 November tahun 2013 sebelumnya bernama Bank Sampah Resik Becik.

“Kemudian sejak tahun 2019 ditingkatkan statusnya menjadi Bank Sampah Induk Kendal dan sudah memiliki 400 nasabah baik di perumahan, fasilitas kesehatan, sekolah, OPD dan pondok pesantren,” terang Nunuk.

Menurutnya, program inovasi yang sudah dilakukannya seperti layanan jemput sampah di delapan kecamatan, berobat membayar menggunakan sampah sejak tahun 2016, bekerja sama dengan Puskesmas Kendal 2, dengan imunisasi bayar sampah sebagai pengganti biaya suntik.

“Alhamdulillah, dengan program ini kunjungan pasien imunisasi di Puskesmas Kendal dua meningkat 300 persen,” jelas Nunuk.

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menuturkan, melalui kegiatan ini, Astra tidak hanya ingin mengajak masyarakat untuk ikut berperan, tetapi mengajak generasi muda untuk mulai peduli terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan yang bisa berdampak besar.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan lainnya, dengan menanam pohon dan mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari,” tutur Riza.

Adapun pemenang kategori Bank Sampah Induk diraih Bank Sampah Induk Ciamis, runner-up Bank Sampah Induk Surabaya, dan pemenang ketiga Bank Sampah Induk Kendal.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.