in

Bank Jateng Komitmen Dampingi ASN Kendal Yang Memasuki Masa Pensiun

Wakil Pimpinan Bank Jateng Cabang Kendal, Djoko Salbiyanto saat sambutan dalam sosialisasi kepada Calon Pensiunan ASN Kabupaten Kendal di Tirto Arum Baru Kendal, Rabu (13/10/2021).

 

HALO KENDAL – Bank Jateng Kantor Cabang Kendal, menggelar sosialisasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kendal yang akan memasuki Batas Usia Pensiun di Agrowisata Tirtoarum Baru Kendal, Rabu (13/10/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kendal, Cicik Sulastri dan Anggota Komisi B DPRD Kendal, Ichwan dan Suroto, serta 67 calon pensiuan ASN Kabupaten Kendal bulan November s/d Desember 2021.

Mewakili Kepala Bank Jateng Cabang Kendal, Suko Hariyadi, Wakil Kepala Cabang Kendal, Djoko Salbiyanto mengatakan, Bank Jateng selalu siap memberikan pelayanan prima bagi ASN yang akan memasuki batas usia pensiun tersebut.

“Kami berkomitmen untuk menjalankan meningkatkan pelayanan kepada para pensiunan ASN Kabupaten Kendal. Gaji ASN yang saat ini telah melalui Bank Jateng, akan berlanjut dengan gaji pensiunannya,” terangnya.

Dengan adanya sosialisasi Ketaspenan ini, diharapkan para pensiunan di Bank Jateng akan terus bertambah seiring bertambahnya ASN yang akan memasuki masa purna tugas.

Djoko menjelaskan, untuk mempermudah para pensiunan mengambil pensiunan, Bank Jateng menyediakan fasilitas berupa kantor cabang pembantu di Kendal, meliputi KCP Boja, KCP Weleri dan KCP Sukorejo.

“Selain itu juga fasilitas 23 ATM yang tersebar di seluruh kecamatan di Kendal dan mesin CDM (mesin setor tunai) di Kantor Cabang Kendal. Kemudian terdapat lima kantor kas, satu mobil kas keliling, sembilan payment point, dan lima agen laku pandai. Hal ini untuk mempermudah bapak dan ibu mengambil gaji pensiun,” ungkapnya.

Selain itu, sebagai bentuk fasilitas kepada nasabah, Bank Jateng juga memberikan kredit terusan kepada nasabah pensiunan sampai dengan jangka waktu 20 tahun.

“Kami memberikan kredit kepada pensiunan, tanpa jaminan tambahan dan kami kenakan bunga yang ringan,” imbuh Djoko.

Kepala BKPP Kabupaten Kendal, Cicik Sulastri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang sudah diberikan selama menjadi ASN di lingkungan Pemkab Kendal.

Menurutnya, pada periode bulan November s/d Desember 2021 ini, ada 67 ASN yang memasuki pensiun.

“Namun secara keseluruhan di Kabupaten Kendal di tahun 2021 ini ada 469 ASN,” jelasnya.

Cicik menjelaskan, setiap bulan, pensiunan ASN mendapatkan gaji berupa pensiun pokok. Besaran gaji pensiun PNS ini diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP).

Selain mendapatkan uang pensiun ASN pokok, ASN purnabakti juga mendapatkan penerimaan lainnya berupa tunjangan hari tua (THT), dana Tapera, tunjangan dari Korpri berupa tali asih.

“Tali asih di antaranya untuk golongan 4 mendapat Rp 5 juta, golongan 3 mendapat Rp 4 juta, golongan 2 mendapat Rp 3,5 juta dan golongan 1 mendapat tali asih Rp 3 juta,” papar Cicik.

Dirinya menambahkan, gaji pensiunan ASN tersebut dikelola dan disalurkan oleh BUMN yakni PT Taspen (Persero), di mana dana pensiun ASN Taspen.

“Namun para pensiunan nanti jangan bingung, karena mitra kita, Bank Jateng siap mendampingi dan memfasilitasi penyaluran dana pensiun dari PT Taspen kepada panjenengan semua,” pesannya.

Sebagai penutup Cicik berharap kepada para calon pensiunan, nanti setelah purna tugas untuk bisa tetap produktif, misalnya kegiatan wirausaha.

“Untuk itu saya berharap kepada Bank Jateng punya peran, agar bisa melakukan pendampingan kepada para pensiunan dan membimbing dalam kegiatan produktifitasnya,” pungkas Cicik.(HS)

Share This

Polisi Berikan Penjelasan Atas Kasus Lansia Di Demak Yang Bacok Pencuri Ikan

Menjaga Stabilitas Harga Pangan dan Inflasi di Kabupaten Kendal