Banjir Sungai Kalibener Surut, Warga Bangun Tanggul Darurat

Banjir terjadi di Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas pada Sabtu (10/4). (Foto : BNPB.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Warga di Kelurahan Karangpucung, di Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, bersama TNI, Polri dan unsur penanggulangan bencana lainnya, membangun tanggul darurat Sungai Kalibener, di dekat Perumahan Karang Pucung Permai, di Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Minggu (11/4).

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dr Raditya Jati, dalam rilis melalui BNPB.go.id, mengatakan tanggul tersebut jebol, Sabtu (10/4), mengakibatkan banjir di permukiman warga.

Diduga tanggul jebol akibat tak mampu menahan tingginya debit air, setelah wilayah Kecamatan Purwokerto Selatan, diguyur hujan sejak Sabtu sore.

Laporan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, menyebutkan jebolnya tanggul menyebabkan sedikitnya 15 rumah di area perumahan terendam banjir, dengan ketinggian 90 sentimeter hingga 150 sentimeter.

Akibat peristiwa itu, dilaporkan satu keluarga yang terdiri atas tiga warga, diungsikan karena lokasi rumah mereka dekat dengan tembok tanggul yang jebol.

BPBD Banyumas juga telah berkoordinasi dengan Koramil Purwokerto Selatan, Polsek Purwokerto Selatan, Perangkat Kelurahan Karangpucung, Tagana, BHV dan relawan gabungan, untuk menangani bencana tersebut.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang terpantau melalui prakiraan cuaca tiga harian di website BMKG, kota Purwokerto, dalam dua hari ini masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, pada hari ini (11/4) hingga Selasa (13/4).

Masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya susulan. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.