Banjir Mangkang Wetan, Satu Rumah Rusak Parah

Rumah milik Musairon (47) warga RT 1 RW 5 Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu rusak parah karena terkena banjir, Rabu,(2/12/2020) malam.

 

HALO SEMARANG – Hujan deras yang turun pada Rabu, (2/12/2020) malam di Kota Semarang, menyebabkan banjir di wilayah RT 01 RW 5, Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu.

Pasalnya, tanggul sungai Beringin di wilayah tersebut jebol, karena tak mampu menahan luapan air yang sangat kuat. Bahkan, luapan banjir juga menyebabkan satu rumah milik warga rusak parah.

Yakni milik Musairon, yang letaknya persis di depan salah satu titik tanggul jebol tersebut. Selain itu, saking derasnya luapan baniir, juga sempat menghanyutkan barang-barang milik warga.

Ketinggian banjir yang terjadi sekitar pukul 12.OO WIB malam, sekitar satu hingga satu setengah meter.

Salah satu warga, Muntapiah (40) mengatakan, selain menggenangi sampai masuk ke halaman rumah warga, banjir juga menghanyutkan barang-barang di dalam rumah.

“Seperti lemari, pakaian, dan peralatan elektronik lainnya,” ujar perempuan yang sekaligus adik, Musairon, Kamis (3/12/2020).

Dia menjelaskan, hujan deras mulai turun dari pukul 9 malam, hingga dua jam lebih.

“Hujannya deras banget, selama dua jam. Lalu air sungai mulai naik dan meluap dari tanggul. Tidak beberapa lama, karena tanggul tak kuat hingga jebol,” katanya.

Akibatnya, kata dia, derasnya luapan banjir membuat satu rumah milik warga rusak parah. “Bahkan kondisinya hampir roboh. Karena tinggi air saat kejadian hampir melebihi tingginya jendela rumah. Barang-barang seperti kulkas, mesin cuci ikut hanyut, lemari juga hanyut sama pakaian. Tapi ada beberapa yang bisa diselamatkan dibantu warga,” terangnya.

Saat ini, keluarga Musairon sementara mengungsi di rumah saudaranya tak jauh dari rumahnya. “Sekarang kakak saya mengungsi di rumah ibu. Dengan membawa anaknya yang masih balita juga. Dan saat ini warga lainnya sedang kerja bakti untuk membersihkan rumah dari lumpur dan membantu memperbaiki tanggul,” katanya.

Dari pantauan, pembersihan rumah warga dan jalan yang tertutup lumpur mengerahkan satu buah mobil pemadam kebakaran dan beberapa truk tangki dari PU dan PDAM di lokasi.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.