Banjir Kebumen, Tanggul Jebol Akibat Dilubangi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat meninjau banjir di Kebumen. Gubernur saat itu sekaligus juga memberikan pengarahan pada pihak terkait. (Foto: Pemprov Jateng)

 

HALO KEBUMEN – Banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, karena ada orang yang nekat melubangi tanggul di Desa Madurejo, Puring. Air dari sungai hendak digunakan untuk mengairi sawah.

Laporan tersebut disampaikan Kepala Desa Madurejo, Ajar Dwiyono dan Kepala Desa Sidobunder, Sarno kepada Gubernur Ganjar Pranowo, ketika meninjau banjir di Kabupaten Kebumen, Selasa (3/11).

“Untuk itu kami minta bantuan pompa air Pak, yang bisa menyedot air dari sungai ke sawah. Itu jebol karena warga melubangi tanggul,” kata Ajar Dwiyono.

Seperti diketahui Bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah memaksa sebanyak 2.107 warga mengungsi. Dari keseluruhan warga yang mengungsi, sebanyak 995 warga mengungsi di SD Madureja dan 1.112 warga di sekolah dasar lainnya dan rumah panggung Sidobunder.

Gubernur Ganjar Pranowo berdialog dengan pihak terkait, saat meninjau banjir di Kebumen. (Foto: Pemprov Jateng)

Menanggapi laporan itu, Ganjar meminta para kades dan aparat setempat, untuk dapat mengedukasi warga agar menjaga tanggul.

“Tadi ada temuan yang disampaikan pak Lurah. Kenapa tanggulnya jebol, karena di bawahnya dibolongi (dilubangi). Kenapa dilubangi, karena butuh air untuk pertanian. Maka saya minta ini tidak boleh terjadi lagi. Ayo warga semuanya tolong dijaga tanggulnya,” kata Ganjar.

Ganjar juga meminta warga mencari solusi lain untuk mengairi sawah, tanpa harus melubangi tanggul. Karena itu dia menyambut baik usulan kades, agar pemerintah dapat memberikan bantuan pompa air.

“Tadi pak Lurah mengusulkan pompa, maka Pak Bupati Kebumen tolong dibantu. Kalau tidak bisa, nanti kami juga ikut bantu. Kementerian Pertanian, atau CSR perusahaan pasti bisa bantu. Tapi ini tolong menjadi perhatian, karena kalau itu dijaga, semuanya bisa aman,” tegas Ganjar. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.