Banjir di Lapas Pekalongan Terjadi karena Ini

Lapas Kelas IIA Pekalongan tergenang air. (dok)

 

HALO PEKALONGAN – Mulai Senin (1/2/2021) pukul 18.30 hingga Selasa (2/2/2021) pukul 07.15 WIB, hujan turun deras di Kota Pekalongan sehingga mengakibatkan bencana banjir di Lapas Pekalongan IIA dengan ketinggian air bervariasi antara 5 hingga 30 cm.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kanwil Jateng, Meurah Budiman, menuturkan bencana banjir sering terjadi di Lapas Pekalongan.

Dalam setahun minimal empat kali, baik banjir yang disebabkan oleh luapan air hujan, rob air laut, maupun kombinasi keduanya.

Genangan banjir di Lapas Pekalongan surutnya juga lama, rata-rata sekitar satu hingga minggu.

Hal itu disebabkan oleh sanitasi yang buruk dan kenaikan muka air laut yang sekaligus diiringi dengan penurunan muka tanah (land subsidence) di wilayah Pekalongan Utara di mana Lapas Pekalongan berada.

‘’Berdasarkan penelitian dari ITB, permukaan tanah di wilayah ini turun sekitar 10-20 cm per tahun. Kami sudah melakukan mitigasi bencana banjir dengan peninggian blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP), peninggian jalan inspeksi, peninggian dapur Lapas dan perbaikan sanitasi di dalam Lapas, serta menyusun standard operating procedure (SOP) penanggulangan bencana banjir,’’ ujar Meurah Budiman didampingi Kalapas Pekalongan Agus, Selasa (2/2/2021).

Saat ini pihaknya sudah menempatkan seluruh WBP di lokasi yang memadai. Layanan kunjungan online dan layanan video call, pembinaan kepribadian WBP, dan layanan pemberian makanan bagi WBP Lapas Pekalongan juga masih bisa berjalan.

Adapun pembinaan kemandirian WBP dihentikan sementara karena seluruh area bengkel kerja Lapas Pekalongan tergenang banjir.

‘’Secara umum, kondisi Lapas Pekalongan aman dan kondusif.
Kami terus memantau ketinggian banjir di Lapas Pekalongan dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan,’’ jelasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.