in ,

Bangun Jiwa Kewirausahaan, Mahasiswa UMKABA Diajak Gelar Bazar

Rektor Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (UMKABA), Sri Rejeki saat meresmikan unit usaha, Jumat (29/12/2023)

HALO KENDAL – Upaya membangun jiwa kewirausahaan mahasiswanya, Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (UMKABA) membangun unit usaha yang diawali dengan menggelar kegiatan bazar, dengan menjual berbagai macam makanan dan minuman, yang dilaksanakan di Kampus UMKABA, Jalan Pemuda Kendal, Jumat (29/12/2023).

Nampak para mahasiswa UMKABA menjual aneka makanan dan minuman, seperti pangsit lumer, martabak, suling, basreng, donat, ketan susu, kebab, keripik pisang lumer, creamy buko pandan, ayam keju, corn sandwich, sausage sandwich, chese roll, dan bakso mercon. Adapun jenis minum yang disajikan, yakni es teh dan es susu cokelat

Turut hadir dan meramaikan bazar, Rektor UMKABA, Dr Sri Rejeki MKep. SpMat yang sekaligus membuka bazar, didampingi Wakil Rektor UMKABA Utomo dan Isnanto, serta para dosen, dan pegawai-pegawai di lingkungan gedung UMKABA.

Sri Rejeki mengatakan, kegiatan digelar sebagai penguatan unit usaha yang diharapkan menjadi salah satu amal usaha UMKABA. Sehingga para mahasiswa bisa memperoleh kemampuan praktis dan keterampilan sebagai pelaku usaha, seperti manajemen, komunikasi, dan kreativitas.

“Gelaran bazar merupakan salah satu implementasi dalam pembelajaran dan sebagai praktek dari pengetahuan, serta pelaksanaan mata kuliah kewirausahaan mahasiswa UMKABA. Sehingga dengan bazar diharapkan bisa menjadikan kegiatan sebagai latihan bagi mahasiswa untuk berwirausaha,” ujar Rektor UMKABA.

Sementara Kepala Unit Pengembangan Usaha UMKABA, Ardian Candra Mustikaningrum menjelaskan, bazar diikuti mahasiswa Prodi Gizi dan Keperawatan. Dimana mahasiswa yang telah menerima pembelajaran mata kuliah kewirausahaan, sehingga mahasiswa dapat belajar cara menjual produk mereka dengan efektif.

“Meskipun bazar ini masih terbatas, tetapi mahasiswa dapat belajar dari awal memproduk barang, memasarkan, manajemen, dan yang lebih penting mencatat keuangan yang baik hasil bazar supaya diketahui dengan transparan,” jelasnya.

Tentang unit usaha UMKABA, Candra menyebut segera beroperasi. Diharapkan unit usaha mampu memberikan kesempatan UMKABA untuk melayani kebutuhan-kebutuhan mahasiswa, dosen dan masyarakat umum.

“Di unit usaha nantinya, melayani beberapa jasa dan penjualan. Seperti jasa rental komputer dan jasa pengetikan, menyewakan aula, serta penjualan alat-alat tulis, makanan dan juga minuman,” bebernya.

Sementara salah satu mahasiswa UMKABA dari Prodi Gizi, Milka mengaku, dirinya menjual makanan ringan yang murah meriah yaitu kebab. Dari hasil penjualannya, ia menyebut mendapatkan keuntungan Rp 1.000 per kebab.

“Alhamdulillah bawa 15 bungkus habis terjual,” ungkapnya. (HS-06)

Pemkab Grobogan Terbitkan Perbup 14/2023 Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Masyarakat Minta Pemerintah Lanjutkan Berbagai Program Bantuan