in

Bangkitkan Semangat, Dinporapar Kabupaten Pekalongan Gelar Jambore Pemuda

Bincang-Bincang Radio Kota Santri, belum lama ini. (Foto : pekalongankab.go.id)

 

HALO PEKALONGAN –Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pekalongan, menggelar Jambore Pemuda Tingkat Kabupaten Pekalongan, 13 September hingga 14 Septermber 2022 mendatang.

Kabid Kepemudaan Dinporapar Kabupaten Pekalongan, Ari Arifiyanto dalam Bincang-bincang Radio Kota Santri, belum lama ini, mengatakan kegiatan itu digelar dalam rangka membangkitkan kembali semangat kepemudaan pascapandemi Covid-19.

‘’Kami menyadari setelah masa pandemi Covid-19 itu membuat semangat pemuda menjadi menurun. Untuk itu saya berharap dengan adanya Jambore Pemuda Tingkat Kabupaten Pekalongan ini, pemuda-pemudi bisa kembali semangat dan mengembangkan bakatnya,’’ kata dia, seperti dirilis pekalongankab.go.id.

Ari mengatakan pendaftaran sudah mulai dibuka sejak 21 Juni 2022 sampai 7 September 2022. Adapun syarat yang harus dipenuhi, pendaftar adalah warga Kabupaten Pekalongan berusia 16 sampai 30 tahun, yang dibuktikan dengan KTP atau  KIA.

Terdapat enam bidang yang akan dilombakan, yaitu tari daerah, pidato Bahasa Inggris, karya tulis ilmiah pemuda, video inovasi pemuda, kaligrafi, dan fotografi.

‘’Jadi Jambore Pemuda ini, menyasar untuk seluruh pemuda-pemudi warga Kabupaten Pekalongan untuk kembali meningkatkan jiwa kompetisi dan semangat pemudia di Kabupaten Pekalongan,’’ ujarnya.

Menurut Ari, pihaknya sudah menyiapkan juri untuk masing-masing kategori lomba sejumlah 3 orang per kategori yang berasal dari praktisi ahli bidang tersebut. Sehingga diharapkan dengan hal tersebut, pemuda-pemudi yang terpilih menjadi juara adalah ia yang benar-benar capable di bidangnya.

‘’Karena masing-masing juara 1 pada keenam bidang lomba tersebut akan kami kirimkan ke Jambore Pemuda Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada tangga; 21-24 November 2022 mendatang di Surakarta. Jadi kami mencari pemuda-pemudi terbaik pada masing-masing kategori yang diperlombakan,’’ tandasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Analis Kebijakaan Ahli Muda Dinporapar Kabupaten Pekalongan, Vateh Al Amien, menuturkan bahwa pihaknya berharap pemuda-pemudi di Kabupaten Pekalongan bisa antusias untuk mendaftarkan dirinya ke Dinporapar Kabupaten Pekalongan supaya kegiatan Jambore Pemuda Tingkat Kabupaten Pekalongan bisa berjalan dengan sukses secara kuantitas maupun kualitas.

‘’Jadi kami benar-benar berharap pemuda bisa kembali bersemangat untuk berkompetisi melaui Jambore Kepemudaan ini. Dan ayo pemuda-pemudi Kabupaten Pekalongan jangan lupa daftarkan diri kalian untuk bergabung di Jambore Pemuda Tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2022 ini,’’ kata Vateh. (HS-08)

Jelang Iduladha, Permintaan Pembuatan SKKH di Kabupaten Pekalongan Meningkat

Pemkot Pekalongan Mulai Perbaiki Sejumlah Ruas Jalan