Bakeuda Kendal Launching Lima Inovasi Baru

Wabup Kendal, Windu Suko Basuki didampingi Kepala Bakeuda Kendal, Agus Dwi Lestari meninjau inovasi dari Bakeuda, di Pendopo Pemkab Kendal, Kamis (1/4/2021).

 

HALO KENDAL – Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Kendal melakukan Sosialisasi Penyampaian SPPT PBB-P2 Tahun Anggaran 2021.

Acara juga diisi dengan Launching Inovasi Bakeuda dan Pengundian Hadiah Lunas PBB-P2 tahun 2020 sebelum jatuh tempo bagi wajib pajak.

Terdapat dua tujuan dalam sosialisasi, di antaranya untuk memberikan kebijakan peningkatan kualitas pengelolaan dan pelayanan PBB P2 Tahun 2021 Kabupaten Kendal.

Selan itu juga, dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat wajib pajak dalam pembayaran PBB melalui pemberian hadiah lunas PBB sebelum jatuh tempo bagi wajib pajak.

Kepala Bakeuda Kendal, Agus Dwi Lestari, dalam pemaparannya mengungkapkan, Trend Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pajak Daerah dan PBB – P2, semunya terhitung dari tahun 2019 terus mengalami peningkatan.

“PAD kita dari PBB tahun 2019 menjacapai Rp 350 miliar dan di tahun 2020 realisasi naik menjadi Rp 356 miliar, sama halnya untuk Pajak Daerah tahun 2019 realisasi Rp 127 miliar dan di tahun 2020 naik menjadi Rp 134 miliar, kemudian untuk PBB-P2 tahun 2020 dari target setelah relokasi Covid-19 di angka Rp 25 miliar dan terealisasi menjadi Rp 29,9 miliar,” jelas Agus Dwi Lesatari.

Pada kesempatan tersebut, Bakeuda juga menyampaikan lima inovasi terbarunya di tahun 2021, yaitu SPPT PBB-P2 elektronik, Penggunaan QRIS dalam pembayaran, Penggunaan Web GIS, penggunaan alat rekam data transaksi online, dan menyiapkan dashboadr eksekutif keuangan daerah berbasis android.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki menyambut baik dengan apa yang sudah dikerjakan oleh rekan-rekan Bakeuda Kendal, termasuk pemanfaatan pengembangan teknologi.

Menurutnya, SPPT sangat penting terutama untuk meningkatkan PAD Kendal. Wabup berharap SPPT yang saat ini lagi digalakan oleh Bakeuda terus berkembang.

“Apalagi dengan adanya peningkatan inovasi yang sudah dilakukan saat ini justru lebih memudahkan para wajib pajak untuk membayar dan bisa melihat langsung status pembayaran,” ujar Wakil Bupati Kendal.

Suksesnya SPPT PBB-B2 tahun 2020, Windu Suko Basuki memberikan apresiasi tinggi lantaran terdapat 158 desa/kelurahan yang telah selesai melakukan pembayaran tepat waktu.

“Semua merupakan hasil kerja keras dari tim Bakeuda yang telah sukses mensosialisasikan hingga ke desa-desa,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.