in

Bakesbangpol Batang: Kunci Perdamaian Ada pada Ormas

Sosialisasi dan pembinaan keormasan, di aula kantor Bupati Batang, Kamis (23/9). Sosialisasi digelar Bidang Poldagri dan Keormasan Bakesbangpol Kabupaten Batang, diikuti 50 perwakilan ormas dan perwakilan tokoh agama di Batang. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Kunci perdamaian saat ini, salah satunya ada pada organisasi masyarakat (ormas). Karena itu ormas diminta tidak saling menghujat atau menjatuhkan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Batang, Suyono dalam sosialisasi dan pembinaan keormasan, di aula kantor Bupati Batang, Kamis (23/9). Sosialisasi digelar Bidang Poldagri dan Keormasan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Batang, diikuti 50 perwakiln ormas dan perwakilan tokoh agama se-Kabupaten Batang.

Lebih lanjut Suyono mengatakan, terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, berasal dari berbagai kelompok masyarakat yang bersatu. Karena itu ormas juga diminta untuk menjaga perdamaian, dengan tidak saling hujat atau menjatuhkan. Ormas juga diharapkan dapat bersama-sama komponen bangsa lainnya untuk membangun negeri.

“Sesuai dengan fungsinya, ormas dibentuk untuk menjaga, memelihara, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam pelaksanaannya, ormas memiliki kewajiban untuk tetap menjaga norma, etika, dan nilai-nilai moral dalam hidup bermasyarakat,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Sementera itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Batang, Rusmanto mengatakan ormas terbagi menjadi dua, yakni berbadan hukum dan tidak berbadan hukum.

Dasar hukum pembentukaan ormas, diatur dalam UU Nomor 17 Tahun 2013, kemudian diubah dengan Perpu Nomor 2 Tahun 2017. Terdapat tiga tipe pembentukannya, ormas yang dibentuk oleh pemerintah,  masyarakat, dan partai politik.

“Tujuan sosialisi ini, untuk menciptakan kesamaan persepsi, antara ormas dengan pemerintah daerah, sehingga keberadaan ormas benar-benar bisa bersinergi. Bisa saling mengontrol, serta bisa saling memberikan masukan positif,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Terkait Permendagri Nomor 123 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bansos dari APBD, ormas dapat mengajukan permohonan bansos, dengan persyaratan mendapat rekomendasi dari Bakesbangpol. (HS-08)

Share This

Dukung Kegiatan Mengajar, Disdikbud dan Kodim 0736 Batang Perkenalkan ILMCI

Menkeu: Kinerja APBN Baik, Pemulihan Ekonomi Nasional pun Membaik