Bahaya, Menyimpan Data Rahasia di Smartphone

HALO PEKALONGAN – Menyimpan data pribadi, rahasia, dan penting di smartphone, ternyata bukan merupakan tindakan bijak. Data-data seperti misalnya foto atau video, dapat sewaktu-waktu bocor, terunggah ke dunia maya, atau dicuri dengan berbagai macam cara.

Peringatan tersebut disampaikan Kapolres Pekalongan AKBP Darno SH SIK, melalui Kasubbag Humas AKP Akrom, seperti dirilis Tribratanews.jateng.polri.go.id.

“Menyimpan informasi sensitif yang bersifat data pribadi di smartphone, merupakan sesuatu yang berisiko cukup tinggi. Pasalnya data semacam itu berpotensi bocor dalam berbagai macam cara,” kata dia.

Data-data penting ini sangat beragam, mulai dari foto, video, catatan pribadi, pekerjaan, dan lain-lain. Bayangkan apa yang kira-kira akan terjadi, jika mendadak smartphone tersebut berpindah tangan tanpa proteksi.

Ketika smartphone hilang, maka kemungkinan akan kehilangan semua data penting. Itu sebabnya perlu menjaga keamanan smartphone, Pastikan akses pada smartphone hanya bisa dibuka oleh pemiliknya, agar tidak sembarang orang bisa meretasnya.

“Menjaga keamanan smartphone salah satunya dengan menerapkan keamanan kode PIN atau password sebagai screen lock, namun lebih aman lagi memang sebaiknya jangan menyimpan informasi atau file sensitif di smartphone,” ujar Kasubbag Humas. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.