Bahas Sistem Pendidikan di Era New Normal, BKPP Kabupaten Kudus Gelar Webinar Internasional

Wabinar Internasional yang diselenggarakan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus.

 

HALO SEMARANG – Pandemi Covid-19 ternyata sangat berdampak pada banyak sektor, salah satunya sektor pendidikan.
Model pembelajaran siswa pada era new normal dilakukan dengan social distancing, belajar dari rumah, dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Model pembelajaran tersebut sangat memerlukan dukungan teknologi dan digitalisasi untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, yang harus diikuti kemampuan para tenaga pendidik dan pelajar dalam ketrampilan teknologi informasi.

Maka untuk itu, Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus menyelenggarakan webinar internasional, dalam rangka mengembangkan kreatifitas dan model pembelajaran digital di era new normal, Sabtu (5/9/2020) pukul 09.00-12.00.

Sri Suwanti, Panitia Webinar Nasional ini mengatakan, guru adalah poros utama pendidikan dan menjadi penentu kemajuan suatu negara di masa depan.

“Secara umum, tugas guru adalah mengajar siswa-siswi agar memilki pengetahuan dan keterampilan dalam masing-masing bidang pelajaran. Kemampuan adaptasi guru untuk dapat melakukan transfer ilmu pada era New Normal, memerlukan kemampuan penggunaan teknologi/digitalisasi,” katanya, Kamis (3/9/2020).

Sejalan dengan Roadmap Reformasi Birokrasi 2020-2024, Pemerintah Kabupaten Kudus berupaya untuk melakukan pengembangan kompetensi guru dengan memperkaya wawasan dan pengetahuan.

Tujuannya agar guru dapat meningkatkan profesionalismenya dalam mendidik pelajar. Serta meningkatkan motivasi guru, agar dapat meningkatkan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi serta menciptakan model pembelajaran yang lebih berkualitas dan bermanfaat.

“Tujuan webinar ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pengembangan wawasan pengetahuan dan meningkatkan motivasi dalam mengembangkan kreatifitas model pembelajaran digitalisasi di era New Normal,” katanya.

Ditambahkan, webinar dilakukan dengan Zoom Meeting dan streaming Youtube, yang terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

“Kami menghadirkan beberapa narasumber dari unsur akademisi internasional, dan dalam negeri, unsur Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kudus. Di antaranya Dr Faizan Ali dari University of South Florida (USA), Dr Rab Nawas Lodhi dari University of Central Punjab (Pakistan), Ketua LPPM STIE Semarang Dr (cand) Zulkifli, Drs Kunto Nugroho HP MSi dari BPSDMD Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Untuk informasi lebih lanjut bisa datang ke kantor BKPP Kabupaten Kudus, Jalan Simpang Tujuh Nomor 1 Kudus, atau menghubungi Sri Suwanti : srisuwanti81@gmail.com dan Erwin 089658033843.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.