Bahas Simpang Joglo Solo, Gibran Minta Elevated Rail Segera Dieksekusi

Foto : Surakarta.go.id

 

HALO SURAKARTA – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, menegaskan, eksekusi penataan Palang Joglo dengan pembangunan elevated rail harus segera dimulai.

Pembangunan elevated rail untuk menghilangkan perlintasan sebidang tersebut penting, untuk mengantisipasi kemacetan parah di masa yang akan datang, akibat pengoperasian kereta bandara.

“Hasil rapat ini akan kami laporkan ke Pak Budi Karya, dalam video conference, Kamis jam 1 siang ini.  Kita kejar dulu Simpang Joglo dan 2023 baru rel ganda. Pembebasan 15.202 meter persegi lahan terdampak harus lekas ditangani,” kata dia, seperti dirilis Surakarta.go.id.

Menurut Gibran, proyek elevated rail harus terealisasi. “Tugas saya koordinasi dengan Pak  Budi Karya,” imbuhnya.

Putu dari Dirjen Perhubungan Darat Direktorat Perkerataapian, menjelaskan elevated rail di samping untuk mengurai kemacetan Simpang Joglo juga untuk menunjang kelancaran kereta bandara.

“Di samping elevated rail untuk mengatasi kemacetan parah juga untuk tingkatkan pelayanan kereta bandara. Sehingga pelayanan terintegrasi dengan Bandara Adisumarmo dan bandara Yogyakarta,” jelasnya.

Untuk persiapan pembangunan, koordinasi akan dilakukan terkait dengan dampak lingkungan dan rekayasa lalu lintas sehingga tidak menimbulkan masalah baru.

Sita dari DPUPR Surakarta menyinggung adanya pembangunan saluran drainase dan pembangunan fly over Kerinci.

Selain itu pengaturan lampu lalu lintas, tidak menimbulkan  kemacetan yang tambah panjang dan lama.

Sementara Sekda Ir Ahyani menekankan sosialisasi untuk solusi pihak – pihak terdampak. Khususnya relokasi untuk tanah.

“Dampak non teknis juga harus kita persiapkan sejak awal, agar waktu pembangunan bisa rampung tepat waktu. Segera kita bentuk tim pembebasan lahan dan relokasi,” terangnya.

Sementara palang joglo masih tanah negara, sehingga pembangunan elevated rail diharapkan bisa selesai tepat waktu. Ada sedikit tanah HM di RW 8. Untuk pembahasan persiapan pembangunan akan dilaksanakan dalam rapat selanjutnya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.