in

Bahas Raperda Kawasan Tanpa Rokok, Bupati Cilacap Apresiasi DPRD

Bupati Tatto Suwarto Pamuji Dalam Rapat Paripurna DPRD Cilacap. (Foto : Cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Fraksi-fraksi di DPRD Cilacap menyatakan setuju untuk membahas sejumlah rancangan peraturan daerah (raperda), di tingkat panitia khusus (pansus).

Persetujuan itu disampaikan fraksi-fraksi, dalam rapat paripurna DPRD Cilacap, dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi DPRD.

Adapun raperda yang dibahas, adalah perubahan atas Perda Nomor 19 Tahun 2018 tentang penyertaan modal daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Cilacap. Selain itu juga tentang kabupaten layak anak, kepemudaan, dan kawasan tanpa rokok.

Fraksi Amanat Demokrat menyetujui raperda tersebut untuk dijadikan perda. Kemudian dari Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, PDI Perjuangan, Partai Golongan Karya, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerakan Indonesia Raya juga menyatakan sepakat agar raperda tersebut  dibahas di tingkat pansus.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, juga menyatakan persetujuannya, sejumlah raperda itu dibahas di tingkat Pansus dan selanjutnya dijadikan Perda. Dia juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas raperda insiatif DPRD tentang kepemudaan dan kawasan tanpa rokok.

“Pemuda memiliki peran strategis dan potensi yang cukup besar, sehingga perlu adanya pengembangan peran dan potensi dalam pembangunan tingkat nasional maupun daerah,” kata Tatto.

Dalam menetapkan kawasan tanpa rokok, Tatto mengungkapkan bahwa ketetapan tersebut disesuaikan dengan UU Nomor 36/2009 tentang Kesehatan dan PP Nomor 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi Kesehatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs Farid Ma’ruf ST MM, dalam menanggapi perubahan Perda Nomor 19 Tahun 2018, mengungkapkan raperda ini disusun untuk meningkatkan kinerja BUMD dan pendapatan asli daerah (PAD).

“Kalau kinerja BUMD bagus, akan kita tambah modal. Tapi kalau yang tidak bagus, akan kita tunda. Sehingga mereka bisa evaluasi dan meningkatkan kinerjanya,” tutup Farid. (HS-08)

Share This

Jabatan Kepala Bakeuda Kosong, Bupati Purbalingga Tunjuk Siswanto SPt MSi

Resmikan Kantor Baznas Cilacap, Bupati Apresiasi Pengumpulan ZIS