in

Bahas Permasalahan Pertembakauan, APTI Jateng Audiensi Dengan DPRD Provinsi

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sukirman bertemu dengan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Tengah membahas masalah tembakau, Selasa (4/4/2021).

 

HALO SEMARANG – Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Tengah melakukan pertemuan dengan DPRD Provinsi Jawa Tengah terkait permasalah pertembakauan di Jawa Tengah. Pertemuan itu dilakukan di Kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang, Selasa (4/4/2021).

Dalam pertemuan tersebut, pengurus APTI DPD Jawa Tengah disambut langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sukirman SS dan Anggota Komisi A, Denny Septiviant.

Dalam pertemuan itu anggota dan pengurus APTI meminta anggota dewan untuk memperjuangkan supaya anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dapat tersalurkan tepat sasaran, dan terciptanya tata niaga pertembakauan yang berkeadilan di Jawa Tengah.

Ketua APTI DPD Jawa Tengah, Muh Rifai mengatakan, pertemuan itu dilakukan sebagai ajang silaturahmi dan diskusi terkait permasalahan pertembakauan di Jawa Tengah.

“Kami mengadakan pertemuan ini dalam rangka silaturahmi dan mendiskusikan permasalahan pertembakauan di Jawa Tengah,” ucap Rifai.

Salah satu permasalahan pertembakauan di Jawa Tengah, lanjut Rifai, yaitu porsi DBHCHT untuk petani tembakau yang sangat kecil.

“Sampai hari ini, kami APTI memang belum melakukan kerja sama dengan Pemrov Jawa Tengah terkait penggunaan DBHCHT,” lanjutnya.

Provinsi Jawa Tengah yang merupakan sentral tembakau, maka perlu adanya tata niaga pertembakauan yang berkeadilan.

“Saat ini tata niaga tembakau di Jawa Tengah belum tertata dengan baik,” imbuhnya

Menanggapi hal tersebut, Sukirman selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah menyambut baik apa yang menjadi keluhan dari APTI DPD Jawa Tengah dan akan menindaklanjutinya.

“Kami akan memanggil dinas-dinas terkait untuk memastikan bahwa dinas lebih berhati-hati dalam menggunakan DBHCHT supaya tepat sasaran,” kata Sukirman.

Perlu adanya sinergitas antara pihak APTI Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah supaya masalah pertembakauan di Jawa Tengah dapat terselesaikan.

“Dalam rangka penyelesaian permasalahan pertembakauan khususnya di Jawa Tengah, perlu adanya komunikasi dan sinergitas antara petani tembakau dengan pemerintah provinsi,” imbuhnya.(HS)

Share This

Ganjar Dukung Gibran Pecat Lurah dan Kembalikan Uang Pungli

Jelang Lebaran, Kunjungan Mal Ciputra Meningkat