in

Bagikan Isi Ulang Oksigen Gratis, Bupati Minta Warga Isoman Pindah ke Gedung Wanita

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menghadiri pembagian isi ulang oksigen gratis di Jumapolo. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta para kepala desa di Kecamatan Jumantono, Jatiyoso, Jumapolo, dan Jatipuro, untuk memindahkan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah, ke tempat isolasi terpusat.

Untuk pasien laki-laki pindah ke Gedung Wanita Karanganyar. Adapun untuk pasien perempuan, di gedung BLK Karanganyar, di Karangpandan.

Permintaan itu disampaikan Juliyatmono, seusai memberikan pengarahan dalam pembagian bantuan isi ulang oksigen secara gratis di halaman Kantor Kecamatan Jumapolo, Minggu (8/8).

Pemberian bantuan oksigen bekerja sama PT  Langgeng itu, diperuntukkan bagi warga di Kecamatan Jumantono, Jatiyoso, Jumapolo, dan Jatipuro.

Menurut Juliyatmono, isolasi terpusat merupakan langkah yang tepat, untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada anggota keluarga yang sehat.

Adapun tempat isolasi, telah dilengkapi ratusan tempat tidur dan segala fasilitas pendukung lainnya. Bupati mencontohkan, untuk isolasi terpusat di Gedung Wanita Karanganyar, telah dilengkapi fasilitas berupa 150 tempat tidur.

Para pasien Covid-19 di tempat itu juga mendapat makan tiga kali, dan dijaga 24 jam kesehatannya.

“Saya ingin memperhatikan masyarakat yang sedang terkena Covid-19, agar kesehatannya dapat terjaga 24 jam. Gedung Wanita Karanganyar disediakan untuk laki-laki, sedangkan perempuan di BLK Karanganyar di Karangpandan,” kata Juliyatmono, seperti diirlis Karanganyarkab.go.id.

Menurut Bupati, terdapat banyak kekurangan isolasi mandiri di rumah. Selain tidak terpantau kondisinya dengan baik, isolasi mandiri di rumah juga meningkatkan risiko penularan, setidak-tidaknya pada anggota keluarga lain yang sehat.

Adapun untu isolasi terpusat, kesehatan pasien terkontrol selama 24 jam. Warga yang menjalani isolasi, juga diberi kesempatan 10 hari. Jika keadaan membaik, maka dipersilahkan pulang.

Jumlah kasus Covid-19 di Kecamatan Jumapolo ada 17 orang, Jatiyoso 0, Jatipuro 64 orang dan Jumantono 59 orang. Jumlah ini disebabkan adanya warga yang pulang kampung dari perantauan.

Sementara itu, terkait bakti sosial isi ulang oksigen gratis, Bupati Karanganyar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menyelamatkan warga yang sakit, terutama pasien Covid-19.

Pihaknya meminta masyarakat, relawan dan puskesmas supaya tabung oksigen dibawa ke Halaman Kantor Kecamatan Jumapolo untuk diisi ulang. “Ditunggu sampai jam 16.00, silahkan berikan informasi kepada semua kerabat atau tetangga yang membutuhkan oksigen,” tandasnya.

Sementara warga Kauman, Jumapolo, Rika Indriastuti mengaku senang dengan upaya Pemkab. Karanganyar menyelenggarakan kegiatan isi ulang oksigen gratis ini, sebab beberapa minggu memang sulit untuk mendapatkan oksigen. Upaya Pemkab Karanganyar dinilai sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. “ Jika perlu setiap periode tertentu diadakan isi ulang oksigen gratis,” imbuh Rika. (HS-08)

Share This

2.000 Warga Cepogo dan Selo Terima Vaksinasi

Gerakan Nglarisi Wonge Dewek Bantu UMKM di masa Pandemi