in

Badko TPQ Jepara Rencanakan Gelar Lomba Antarsantri

Halalbihalal yang digelar oleh para pemuda Desa Ngetuk, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, belum lama ini. (Foto : jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara, berencana menggelar lomba antarsantri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Rencana tersebut dikatakan Ketua Badan Koordinasi (Badko) TPQ Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko, dalam kegiatan halalbihalal dan rapat koordinasi organisasi tersebut di Pendopo RA Kartini.

Kegiatan yang digelar Jumat (12/5/2023) dan dihadiri Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini serta Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara Moh Habib ini, diikuti para pengurus Badko TPQ kabupaten dan kecamatan Se-Kabupaten Jepara.

Awalnya, Edy Sujatmiko berkomentar atas tampilnya Nada Alfia Safira, dalam acara qiraah pada kegiatan tersebut.

Nada Alfia adalah santri TPQ Sunan Muria Welahan, yang juga siswi kelas 6 SDN Bugo Welahan.

“Siswa TPQ sebaiknya diberi kesempatan tampil membaca qiraah di berbagai acara,” kata Edy Sujatmiko, yang juga Sekda Jepara.

Dia lalu memaparkan rencana lomba antarsiswa TPQ se-Kabupaten Jepara. Edy Sujatmiko menyebut, upaya itu dapat memacu semangat anak-anak untuk belajar Al-Qur’an dengan sungguh-sungguh.

“Ini akan membentuk mereka menjadi insan qurani dan menatap masa gemilang di dunia dan akhirat. Allah menjanjikan kemuliaan bagi hafiz Al- Qur’an,” tambahnya.

Dia meminta pengurus dan guru TPQ terus mengajarkan Al-Qur’an dengan ikhlas.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Moh Habib mengatakan, mengajarkan Al-Qur’an sejak dini akan menjadikan anak-anak tercetak sebagai generasi penerus yang memahami Al-Qur’an.

“Tidak berlebihan memahami, tidak ekstrem, dan selalu menghargai orang lain berdasar ilmu Al-Qur’an,” kata Habib dalam kegiatan yang juga menghadirkan K.H. Mahrus Ali sebagai pembicara.

Karena itu dia meminta jajaran pengurus Badko TPQ tidak pernah lelah meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui mengajar Al-Qur’an.

Rencana lomba antarsantri TPQ, disambut gembira salah satu pengurus Badko TPQ Kecamatan Pakisaji, Rukhoyah.

“Selama ini memang belum ada lomba antar-TPQ. Alhamdulillah kalau nanti digelar,” katanya.

Dia menyebut, sebelum kepengurusan saat ini, Badko TPQ di kecamatan bisa dikatakan mati suri.

“Tapi semenjak keorganisasian baru, semangat keaktifan Badko terbangun,” kata Rukhoyah.

Halalbihalal

Sementara itu, sebelumnya di lapangan sepakbola Desa Ngetuk, Kecamatan Nalumsari, Rabu (10/5/2023) malam, diselenggarakan halalbihalal yang digelar oleh para pemuda setempat.

Hadir dalam kegiatan itu, Habib Zainal Abidin Assegaf dan grup hadrah Az-Zahir dari Pekalongan.

“Seluruh pihak yang membantu suksesnya jalannya acara Ngetuk bersalawat, mudah-mudahan jerih payahnya dibalas pahala, ganjaran yang besar oleh Allah Swt,” kata Zainal Abidin Assegaf, ketika tampil di atas panggung.

Dalam majelis yang bertajuk “Pemuda meNgetuk langit dengan Bersholawat” ini, turut dihadiri para tokoh wilayah serta jajaran organisasi setempat.

Mulai para pemuda, pemuka desa, kecamatan, juga hadir Pelaksana Tugas Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini yang mewakili Penjabat Bupati Edy Supriyanta.

Lebih lanjut, Zainal Abidin Assegaf mendoakan kepada hadirin, supaya mendapat keberkahan atas majelis selawat tersebut.

Harapannya diridai oleh Allah Swt. dan Rasulullah saw. “Semoga Allah memberikan keberkahan dalam semua hidupnya, rizkinya, keluarganya. Keberkahan dalam putra dan putrinya dijadikan anak-anak yang saleh dan salihah,” ucapnya.

Rampung acara ini digelar, dia mengajak kepada seluruhnya agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Baik dalam ibadah maupun hubungan sosial di masyarakat, sehingga terhindar dari bagai macam musibah.

“Mudah-mudahan Desa Ngetuk beserta seluruh Kecamatan Nalumsari selalu dalam lindungan Allah Swt. Dijauhkan dari musibah, bala, dan dijauhkan dari segala bentuk maksiat oleh Allah Swt.,” kata dia. (HS-08)

Harga Spesial Tambah Daya Listrik PLN Rp 250 Ribu di Jepara

Gelandang Ini Berpotensi Repotkan De Gea