in

Atlet Muda PB Djarum Dominasi Kejuaraan Graha Padma Wali Kota Cup 2024

Peraih juara di turnamen bulutangkis Graha Padma Wali Kota Cup 2024, Sabtu (15/6/2024).

HALO SEMARANG – Atlet muda bulutangkis PB Djarum mendominasi perburuan kejuaraan Graha Padma Wali Kota Cup 2024. Partai final yang berlangsung di GOR Graha Padma, Kota Semarang, telah menghasilkan 11 juara dari 11 kategori yang dipertandingkan.

Para atlet PB Djarum yang tampil gemilang sejak babak empat besar, mampu meneruskan kegemilangannya dan menguasai podium juara di hari terakhir turnamen. Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia Jawa Tengah (Pengprov PBSI Jateng), Basri Yusuf mengucap syukur bahwa kejuaraan yang diikuti oleh 826 atlet dari 171 klub bulutangkis di Indonesia ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Ia berharap, dari kejuaraan ini akan terus lahir bibit juara-juara dunia yang bisa mengharumkan nama Indonesia melalui bulutangkis di masa depan.

“Kejuaraan Graha Padma Wali Kota Cup 2024 ini merupakan kejuaraan swasta nasional yang masuk ke dalam kalender PBSI dan mendapatkan peringkat poin nasional. Kita menyadari bahwa kegiatan kejuaraan nasional ini sangat penting karena dari hasil kejuaraan ini diharapkan akan muncul calon–calon bibit juara untuk pembinaan selanjutnya dalam rangka tetap terjadinya proses kaderisasi atlet,” ujarnya, Sabtu (15/6/2024).

Selain itu, Graha Padma Wali Kota Cup 2024 merupakan sarana evaluasi dalam proses pembinaan atlet-atlet bulutangkis khususnya di Jawa Tengah. Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata dalam pembinaan atlet bulutangkis Indonesia.

“Dari 11 kategori yang dipertandingkan di final ini, persaingan sengit terjadi di hampir semua kategori. Banyak pertandingan yang berlangsung ketat sampai rubber game. Ini artinya pembinaan pemain oleh klub-klub, sudah makin merata. Inilah salah satu target kami dengan mengadakan Graha Padma Wali Kota Cup 2024, agar bisa melihat gambaran di Jawa Tengah,” paparnya.

“Bagi dunia bulutangkis di Tanah Air, hal ini sangat penting karena sudah menjadi tanggung jawab kita sekarang maupun di masa depan, adalah menjaga agar mata rantai supremasi prestasi dunia bulutangkis Indonesia tidak boleh terputus,” lanjutnya

Senada, Hisyam Rosyadi selaku General Manager Graha Padma Semarang memberikan ucapan selamat kepada para pemenang Graha Padma Wali Kota Cup 2024. Dirinya berharap melalui kejuaraan yang juga didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation ini, para atlet tidak berpuas diri dan terus meningkatkan kemampuan mereka di masa mendatang.

“Kami mengucap syukur dan terima kasih kepada PBSI Pengprov Jateng dan Bakti Olahraga Djarum Foundation serta semua klub dan sponsor yang turut menyukseskan Graha Padma Wali Kota Cup 2024 ini. Sebuah kebanggaan kami dipercaya sebagai sponsor untuk kejuaraan nasional dan menjadi harapan yang baik agar muncul banyak bibit-bibit atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa. Graha Padma selalu support untuk pembinaan bulutangkis Indonesia,” bebernya.

Di partai final yang berlangsung sejak pagi, atlet-atlet PB Djarum mampu mendominasi raihan gelar juara Graha Padma Wali Kota Cup 2024. Klub asal Kota Kudus ini sukses meraih 5 juara dari 11 kategori yang dipertandingkan.

Sedangkan Exist Badminton Club berhasil merebut 3 gelar juara, diikuti oleh PB Champion Klaten dengan 2 gelar juara dan Jaya Raya Satria 1 gelar.

Salah satu partai yang menarik perhatian penonton di GOR Graha Padma adalah laga di kategori Tunggal Pemula Putra (TPA). Pemain asal PB Djarum Farel Fadhilah Ukasyah berhasil menjadi kampiun dengan mengalahkan Kevin Maulana Pattirane dari Mutiara Cardinal Bandung.

Farel yang tampil percaya diri mampu menang dua set langsung dengan skor 21-11, 21-16. Ini menjadi gelar perdana Farel sejak bergabung dengan PB Djarum pada 2022.

“Saya merasa yakin sejak awal-awal gim pertama, jadi saat bertanding pun langsung ‘panas’. Di gim kedua juga tidak banyak yang berubah, tapi lawan sempat mencoba pola permainan yang berbeda setelah interval. Dia bermain lebih menyerang. Tapi, saya berusaha untuk menjaga jarak poin dengan lawan sampai ‘angka-angka tua’ di gim terakhir,” kata Farel yang berasal dari Pangkalpinang ini.

Sementara duel menarik lainnya terjadi di kategori Tunggal Pemula Putri (TPI) yang mempertemukan unggulan kelima Berlian Indah Pinastika dari Exist Badminton Club dengan unggulan kedelapan Masayu Ridha Abiyu asal PB Djarum. Berlian Indah Pinastika mampu tampil apik hingga mengalahkan Masayu melalui straight games 21-11, 21-17.

“Sejak awal pertandingan, saya mencoba fokus untuk tidak membuat kesalahan sendiri. Setelah bisa mengambil gim pertama, tingkat keyakinan saya mulai naik. Tapi tetap saya coba pelan-pelan, raih poin demi poin, dan tetap yakin bisa menang. Dan akhirnya, bersyukur saya bisa juara,” ucap Berlian.

Rangkaian partai puncak Graha Padma Walikota Cup 2024 dengan hadiah total mencapai Rp 167 juta ini telah mempertandingkan 11 kategori dari kelompok usia pembinaan, yaitu U11 (usia dini), U13 (anak-anak), dan U15 (pemula).

Berikut daftar para pemenang:

Usia Dini Putra:
Juara 1: Athalla Rizlya Putra (Exist Badminton Club)
Juara 2: Aqila Rifky Pramudia (Champion Klaten)
Juara 3: Ahmad Fauzan Ilmi (Jaya Raya Satria) & Muhammad Saepul Jalaludin (Exist Badminton Club)

Usia Dini Putri:
Juara 1: Maura Wahyu Keisha Maharani (Jaya Raya Satria)
Juara 2: Xaviera Rafa Rimarcdi (Primaraga Jaksel)
Juara 3: Karen Nina Lumoindong (Mutiara Cardinal Bandung) & Angelice Luigi Nathaniela (Jaya Raya Satria)

Tunggal Anak Putra:
Juara 1: Revie Israel Lumoindong (Champion Klaten)
Juara 2: Aqbar Dion Aldafa (PB Djarum)
Juara 3: Muhammad Faiz Iskandar (Exist Badminton Club) & Favian Adinata (Jaya Raya Samudra Jombang)

Tunggal Anak Putri:
Juara 1: Jordana Alexa Mongkareng (PB Djarum)
Juara 2: Orizae Ganesha Jofi (PB Djarum)
Juara 3: Laura Leydisya (Champion Klaten) & Nafla Berly Syakira Al Habsy (PB Djarum)

Ganda Anak Putra:
Juara 1: Muhammad Alfin Nurhakim/Muhammad Faiz Iskandar (Exist Badminton Club) Juara 2: Krishna Adi Syahputra/Muhamad Kenzie Iddo Kurniawan (Jaya Raya Samudra Jombang/Simple Badminton Academy Klaten)
Juara 3: Muhammad Rizky Fadhillah/Sahya Muhammad Al Musyaffa (Mutiara Cardinal Bandung) & Ahmad Hudzaifah/Valdis Adlina Wiska Putra (Champion Kudus)

Ganda Anak Putri:
Juara 1: Jordana Alexa Mongkareng/Orizae Ganesha Jofi (PB Djarum)
Juara 2: Alisha Artha Amara/Mikha Ribka Kasalang (PB Djarum)
Juara 3: Christabelle Candrea Shallom H. W./Keiko Na’Chelle Sahe (Unggul Jaya Pekalongan) & Amira Daania Salsabila/Maharani Faizah Iskandar (Exist Badminton Club)

Tunggal Pemula Putra:
Juara 1: Farel Fadhilah Ukasyah (PB Djarum)
Juara 2: Kevin Maulana Pattirane (Mutiara Cardinal Bandung)
Juara 3: Rafa Ibrahim (Mutiara Cardinal Bandung) & Mochammad Dafvansya Aldziekra Kurniawan (Mutiara Cardinal Bandung)

Tunggal Pemula Putri:
Juara 1: Berlian Indah Pinastika (Exist Badminton Club)
Juara 2: Masayu Ridfia Abiyu Ariyanto (PB Djarum)
Juara 3: Divya Amanta Kuncoro (Tjakrindo Masters Sony Dwi Kuncoro Badminton) & Tiyas Anggraeni (PB Djarum)

Ganda Pemula Putra:
Juara 1: Athaya Affan Zaidan/Raynanda Laksmana (Exist Badminton Club)
Juara 2: Adhwin Arling Rangga/Rhama Madsuba Praduwartha (PB Djarum)
Juara 3: Darmawan Setiawan/Muhammad Waldan Habibi (PB Djarum) & Muhamad Afada Alkhoir/Muhammad Satria Alfarel (Mutiara Cardinal Bandung)

Ganda Pemula Putri:
Juara 1: Aqelatul Amaliyah Rahma/Nur Hafidzah Afifah (PB Djarum)
Juara 2: Bunga Kirana Larasati/Wilia Renasya (PB Djarum)
Juara 3: Felisha Ananda Pahleva/Safa Risaputri (PB Power Rajawali Tangerang) & Berlian Indah Pinastika/Malika Nur Aqilah (Exist Badminton Club)

Ganda Pemula Campuran:
Juara 1: Oka Faiq Januar/Nur Hafidzah Afifah (PB Djarum)
Juara 2: Raynanda Laksmana/Malika Nur Aqilah (Exist Badminton Club)
Juara 3: Rizky Caesar Ramadhan/Aqelatul Amaliyah Rahma (PB Djarum) & Joshua Davian Anantasena/Zaskia Nur Hafizah (Jaya Raya Satria/Kopama Cilacap). (HS-06)

 

Serahkan Hewan Kurban Wilayah Pinggiran Semarang, Mbak Ita Berharap Pembagian Daging Merata

Kasus Pengeroyokan Maut Bos Rental di Sukolilo Pati, 10 Orang Jadi Tersangka