in

Astronot di Stasiun Luar Angkasa Tiongkok “Berjalan” di Luar Angkasa

Astronot Tiongkok, Liu Boming dan Tang Hongbo, Minggu (4/7) berhasil melakukan “perjalanan” luar angkasa, setelah keluar dari stasiun ruang angkasa tempat mereka bekerja.(Sumber : Tangkapan layar video situs resmi Pemerintah Tiongkok)

 

HALO SEMARANG – Astronot Tiongkok, Liu Boming dan Tang Hongbo, Minggu (4/7) berhasil melakukan “perjalanan” luar angkasa, setelah keluar dari  stasiun ruang angkasa tempat mereka bekerja.

Para angkasawan itu, mengenakan Feitian, pakaian antariksa extravehicular mobility unit (EMU) generasi baru buatan sendiri, yang berarti terbang ke luar angkasa. Ini adalah kedua kalinya, para astronot negara itu, keluar dari pesawat mereka, saat berada di luar angkasa.

Tayangan video yang dirilis situs resmi kantor berita China, Xinhuanet.com, menunjukkan Liu Boming adalah orang pertama yang diangkut melalui lengan mekanik. Adapun Tang Hongbo, keluar dengan memanjat di bagian luar kabin.

“Misi mereka adalah mengangkat kamera panorama di luar modul inti Tianhe, serta memverifikasi kemampuan transfer lengan robot,” kata media pemerintah setempat.

Sebelumnya, para astronot mempersiapkan perjalanan ruang angkasa, dengan mengenakan perlengkapan dan melakukan pemeriksaan kesehatan saat berolahraga di kabin.

Mereka diluncurkan dari Bumi, Juni lalu dan berlabuh di stasiun Tiangong, di mana mereka akan tinggal selama tiga bulan. Misi tersebut merupakan misi awak terpanjang China, hingga saat ini.

Peluncuran misi awak pertama China dalam hampir lima tahun adalah masalah prestise besar bagi negara itu, karena Beijing menandai peringatan 100 tahun Partai Komunis yang berkuasa bulan ini dengan kampanye propaganda besar-besaran.

Untuk mempersiapkannya, para kru menjalani lebih dari 6.000 jam pelatihan.

Badan antariksa China merencanakan total 11 peluncuran hingga akhir tahun depan, termasuk tiga misi berawak lagi yang akan mengirimkan dua modul laboratorium untuk memperluas stasiun 70 ton, bersama dengan persediaan dan anggota awak.

Selain Liu dan Tang, komandan misi adalah Nie Haisheng, seorang pilot angkatan udara Tiongkok, yang telah berpartisipasi dalam dua misi luar angkasa. (HS-08)

Share This

Menaker Minta Perusahaan dan Pekerja Patuhi PPKM Darurat

KKP Gandeng WWF Kelola Potensi Sumber Daya Alam Secara Berkelanjutan