in

Asops Kapolri Tekankan Sinergisitas Kepala Daerah Penting untukj Amankan Pilkada Serentak 2024

Asops Kapolri, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, memberikan sambutan pada ‘Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Sumatera’ di Medan, Selasa (9/6/2024). (Foto : humas.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, menekankan pentingnya sinergisitas dan peran aktif kepala daerah, dalam mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 serentak.

Hal itu disampaikan Asops Kapolri, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, dalam sambutan pada ‘Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Sumatera’ di Medan, Selasa (9/6/2024).

“Pada kesempatan ini, kami tetap mohon dukungan dalam bentuk sinergisitas dan peran aktif dari kepala daerah, TNI, tokoh masyarakat, partai politik mohon dukungan dalam rangka pilkada serentak,” ujar Verdianto, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Asops Kapolri mengatakan dukungan ini dalam rangka pengamanan Pilkada 2024 serentak yang akan digelar dengan “Operasi Mantap Praja”, agar bisa berjalan tertib, lancar dan kondusif.

Terlebih, sebanyak 545 daerah akan melaksanakan Pilkada Serentak yang akan dilakukan di seluruh Indonesia.

“Indikator keberhasilan pemilu yakni berlangsung aman dan lancar sesuai aturan berlaku, kemudian partisipasi pemilihan tinggi jadi dapat dirasakan oleh masyarakat dan tidak terjadi konflik yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa dan pilkada itu berjalan,” jelas Verdianto.

Saat Pilkada tahun 2020, kata Verdianto, di beberapa daerah terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun ia berharap Pilkada 2024 berjalan lancar.

Verdianto menjelaskan Polri dalam konfigurasi wilayah keamanan dan ketertiban masyarakat, semua daerah memiliki potensi gangguan maupun ambang gangguan. Ia menyebut tiga kategori, yaknisangat rawan, rawan dan kurang rawan.

“Kami berharap jajaran kepolisian memetakan kembali potensi kerawanan ini untuk diperhatikan, karena pengamanan di masing-masing di wilayahnya,” kata dia. (HS-08)

Berbicara di Lemhanas, Wapres Sampaikan 3 Strategi Hadapi Tantangan Pembangunan

Gunakan Aturan TPPU, Polri Akan Miskinkan Bandar dan Kurir Narkoba