in

ASN Muslim di Purworejo Diminta Bayar Zakat lewat Baznas

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, pada Rakor dan Laporan Akhir Tahun 2020 Baznas Kabupaten Purworejo, di salah satu rumah makan di Purworejo. (Foto : Purworejokab.go.id)

 

HALO PURWOREJO – Seluruh umat muslim yang menjadi pegawai di organisasi perangkat daerah (OPD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Purworejo, diminta untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Hal itu untuk menambah perolehan zakat melalui badan ini. Selama ini perolehan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) Kabupaten Purworejo, tergolong kecil, dibandingkan daerah-daerah lain.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, pada Rakor dan Laporan Ahhir Tahun 2020 Baznas Kabupaten Purworejo, di salah satu rumah makan di Purworejo, Selasa (2/16).

Rakor dihadiri Pengurus Baznas Kabupaten Purworejo, Kepala Perangkat Daerah, dan UPZ di masing-masing Perangkat Daerah.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa berbagai bantuan telah diberikan Pemerintah untuk kaum duafa, seperti bantuan rumah layak huni dan sebagainya.

“Sebetulnya itu memang tugas pemerintah, namun peran dari Baznas akan sangat membantu dalam mengentaskan kemiskinan,” katanya, seperti dirilis Purworejokab.go.id.

Dikatakan bahwa pengelolaan zakat, sudah diatur dengan baik melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang pengelolaan Zakat, serta Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kementerian/Lembaga, Sekretariat Jenderal Lembaga Negara, Sekretariat Jenderal Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan  Badan Usaha Milik Daerah.

“Dasar hukum sudah sangat kuat, tinggal bagaimana kemampuan Baznas dalam mengelola zakat secara profesional dan bertanggung jawab, serta dukungan dari semua pihak terkait dan peran serta masyarakat muslim,” katanya. (HS-08)

Share This

212 PPPK Wonogiri Diambil Sumpah Janji

Para Camat dan Panitia Pilkades Diminta Samakan Pemahaman