Arus Lalu Lintas Bundaran Taman Madukoro Padat, Dishub Akan Pasang Traffic Light

Foto ilustrasi: Bundaran Taman Madukoro, Semarang.

 

HALO SEMARANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang akan melakukan rekayasa atau pengaturan arus lalu lintas kendaraan yang melintas di Bundaran Taman Madukoro Jalan Jenderal Soedirman, Semarang Barat dengan menghidupkan kembali dua traffic light.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, titik traffic light yang akan dibuat ini ada di depan SPBU Jalan Jenderal Soedirman. Sehingga arus kendaraan dari arah barat maupun sebaliknya dari timur, tidak menumpuk di sekitar Taman Madukoro dan diharapkan bisa terurai.

Pasalnya, seringkali arus lalu lintas di sekitar jembatan Banjir Kanal Barat, kondisinya padat.

“Kemudian traffic light berikutnya, akan ditempatkan di arah timur. Lalu lintas kendaraan yang memutar menuju ke Jalan Madukoro atau Banjir Kanal Barat (BKB) juga cukup padat. Sehingga kami saat ini tengah melakukan upaya rekayasa arus lalu lintas dengan menghidupkan lagi traffic light di sana. Karena kebutuhan yang sudah mendesak, nantinya kita akan fungsikan atau normalkan dengan pembuatan traffic light di situ,” ujar Endro, Selasa (5/1/2021).

Endro menambahkan, memang sebelumnya, sudah dipasang traffic light di Bundaran Taman Madukoro. Namun traffic light sebelumnya dinilai tidak optimal.

“Setelah dilakukan kajian ulang dengan jajaran Satlantas Polrestabes, itu tidak efektif sehingga akan digeser ke barat. Karena kepadatan arus lalu lintas terjadi di Bundaran Taman Madukoro, dari Jalan Jenderal Soedirman maupun Jalan Siliwangi ke Jalan Madukoro atau Banjir Kanal Barat,” imbuhnya.

Nantinya, kata Endro untuk penempatan traffic light yang ada di depan SPBU Jalan Jenderal Soedirman yaitu untuk mengatur kendaraan yang datang dari arah barat ke timur.

“Karena penumpukan kendaraan salah satunya ada di simpang itu,” kata Endro.

Sedangkan untuk pengerjaan pembuatan traffic light ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu bulan.

“Saat ini, masih dalam proses pengerjaan, sehingga direncanakan pada Februari 2021 mendatang, traffic light sudah bisa diuji cobakan,” pungkas Endro.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.