in

Arus Balik Lebaran Hingga Sore Ini Tercatat Ada Lebih 72 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jateng

Perjalanan arus balik mudik dari GT Kalikangkung Semarang, Senin (24/4/2023).

HALO SEMARANG – Gelombang pertama puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada Selasa (25/4/2023) pagi hingga malam nanti. Bahkan, sejak H+1 Senin (24/4/2023) dan H+2 Selasa (25/4/2023) tercatat sampai sore hari ini sudah ada lebih dari 72 ribu kendaraan yang melintas melewati jalan tol menuju Barat atau Jakarta dari Gerbang Tol Kalikangkung.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto menjelaskan, sejak H+1 dan H+2 Lebaran sampai sore hari ini tercatat sudah ada lebih 72 ribu kendaraan yang melintas melalui jalan tol. Adapun kepadatan kendaraan yang melintas melalui jalan tol juga terpantau mulai ada peningkatan sejak Selasa (25/4/2023) pagi tadi.

“Dari informasi Jasa Marga, jumlah kendaraan yang telah melintas di jalan tol melalui gerbang tol (GT) Kalikangkung sampai sore hari ini lebih dari 72 ribu kendaraan. Sedangkan arus lalu lintas kendaraan terpantau cukup padat seperti yang terlihat di Gerbang Tol (GT) Tembalang pada Selasa (25/4/2023) pagi terutama dari arah selatan Bawen-Solo yang mengarah ke barat atau Jakarta,” terang Endro, Selasa (25/4/2023).

Dikatakan Endro, diperkirakan masih ada sekitar 35 ribu kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jawa Tengah melalui tol Trans Jawa.

“Puncak arus balik juga diprediksi bakal terjadi lagi pada akhir pekan ini. Sedangkan perkiraan arus lalu lintas akan normal kembali mulai pada 1 Mei 2023 mendatang,” imbuhnya.

Puncak arus balik pada Selasa (25/4/2023), lanjut Endro, dikarenakan bagi ASN bersamaan berakhirnya libur cuti bersama dan Lebaran. “Dan Rabu (26/4/2023) besok ASN sudah masuk kerja lagi,” katanya.

Saat ini, pemberlakuan one way di jalan tol masih diperpanjang karena volume kendaraan terpantau masih padat. Kemungkinan one way ini masih akan berlangsung hingga malam nanti. Yakni mulai dari gerbang tol Banyumanik masuk Gerbang tol Kalikangkung sampai ke arah Barat atau Jakarta.(HS)

Prabowo Silaturahmi ke Seniornya, Laksamana TNI (Purn) Widodo AS

Berlayar dari Pelabuhan Tanjung Emas, Ribuan Pemudik Ikuti Balik Mudik Gratis Pertama Menggunakan KM Dobonsolo