Arbi, Rider Muda Purworejo Coba Peruntungan di Sirkuit Losail Qatar

Fadillah Arbi Aditama, rider muda Purworejo, saat bertemu Bupati Agus Bastian di Ruang Kerja Kompleks Rumah Dinas Bupati. (Foto : Purworejokab.go.id)

 

HALO PURWOREJO – Fadillah Arbi Aditama (15) pembalap muda Purworejo berpamitan kepada Bupati Agus Bastian, sebelum pelajar kelas IX SMP Bruderan Purworejo itu, mengikuti Kejuaraan Asia Talent Cup (ATC), di Sirkuit Internasional Losail Qatar, mulai 19 Maret 2021.

Pelajar kelahiran Purworejo14 Juli 2005 ini, menjadi pelajar pertama asal Purworejo, yang akan mengikuti kejuaraan balap internasional tersebut.

Diantar kedua orang tuanya, Robi Yuda Kurniawan dan Anggi Putri Anggraeni serta sang nenek, Arbi bertemu Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM.

Pertemuan dilakukan di Ruang Kerja Kompleks Rumah Dinas Bupati, Rabu (03/03), yang juga dihadiri pengurus KONI Kabupaten Purworejo Aris Himawan dan Kabag Humas dan Protokol Setda Rita Purnama SSTP MM.

ATC merupakan kompetisi balap motor, untuk pembalap muda di kawasan Asia dan Oseania. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Dorna, yang juga menjalankan kompetisi MotoGP, dan Kejuaraan Dunia Superbike.

Bupati Agus Bastian berharap kepada Arbi, agar dapat meraih prestasi yang membanggakan bagi bangsa dan Kabupaten Purworejo. Ke depan diharapkan Purworejo dapat melahirkan para atlet-atlet olahraga nasional termasuk balap motor.

“Harap dipersiapkan fisik, mental dan tentunya istirahat harus diperhatikan jangan sampai sakit, jangan lupa protokol kesehatan karena masih pandemi,” kata Bupati, seperti dirilis Purworejokab.go.id.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menekankan jika Pemkab akan mendukung kemajuan olahraga di Kabupaten Purworejo termasuk balap motor. Bahkan pemkab telah berencana akan membangun sirkuit balap di Pantai Dewaruci, yang diharapkan dapat membantu pengembangan olahraga balap motor di Kabupaten Purworejo.

“Purworejo baru mau membuat sirkuitnya di Pantai Dewaruci. Mudah-mudahan nantinya akan ada kejuaran nasional maupun internasional. Saat ini kita sedang mencari sponsor. Saya kira nanti penggemar balap motor dapat terwadahi, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke Semarang,” katanya.

Arbi menjelaskan, dirinya akan mulai melakukan persiapan di Jakarta pada tanggal 6 Maret dan pada tanggal 14-16 akan tes terlebih dahulu di Qatar.

Kemudian dirinya akan mengikuti dua seri balap ATC di Sirkuit Internasional Losail Qatar. Untuk seri-seri selanjutnya akan berlangsung di Asia dan seri terakhir akan digelar di Sirkuit Mandalika Indonesia.

Pada balap ATC kali ini Arbi tergabung dalam tim Astra Honda Racing Team bersama dengan 3 pembalap lainya dari Pati, Yogyakarta dan Tangerang. Nantinya Arbi dan ketiga rekannya akan berlaga di kelas 250 cc, melawan pembalap-pembalap lain dari seluruh Asia.

“Persiapan Alhamdulilah sudah cukup matang, mulai dari latihan fisik dan mental. Insya Allah sanggup,” kata Arbi.

Menurutnya yang menjad lawan terberat bukan dari pembalap lain, melainkan lawan terberat sebenarnya adalah dirinya sendiri. Dirinya harus benar-benar dapat menjaga rasa percaya diri dengan baik, tidak over percaya diri yang justru akan merugikan dirinya ketiga balapan nanti.

“Target yang pasti ingin juara satu, tetapi karena ini merupakan tahun pertama Arbi mengikuti balap ATC jadi harus step by step dulu. Namun saya optimis bisa memberikan yang terbaik,” imbuh Arbi.

Berikut sebagian kejuaraan yang pernah di raih Arbi, tahun 2016 meraih juara 4 Klas Mp6 Kejurda Kebumen. Tahun 2017 meraih juara 2 Klas Mp5 Kejurda Purworejo dan juara 2 Klas Mp6 Kejurda. Pada tahun 2018 meraih juara 2 Klas Mp5 Kejurda Purbalingga dan juara 3 Klas CBR250r IRS Sentul. Terakhir pada tahun 2019, meraih juara 1 Kejurda Boyolali dan juara Umum AHRS 2019. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.