Aplikasikan Program Jogo Tonggo, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bagi-bagi Hand Sanitizer

Mahasiswa KKN UIN Walisongo, sedang membagikan masker kepada warga Kendal, Rabu malam (18/11/2020).

 

HALO KENDAL – Pandemi Covid-19 telah membentuk banyak kebiasaan baru di masyarakat. Salah satunya dengan mencuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun dan air hingga bersih, sebagai upaya untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di tengah pandemi serta penerapan program Jogo Tonggo, Putri Fitrianisari, Mahasiswa KKN Reguler UIN Walisongo Semarang, melakukan bagi-bagi hand sanitizer kepada warga Gang Indah RT 03 RW 01 Kelurahan Jetis, Kecamatan Kendal.

“Tidak hanya membuat tangan menjadi bersih, tindakan mencuci tangan dengan sabun dan air juga merupakan salah satu langkah pencegahan penularan infeksi virus corona,” jelasnya, Rabu (18/11/2020).

Selain itu, lanjut Putri, masyarakat juga diberi pemahaman dalam upaya mencegah penularan Covid-19. Seperti menghindari menyentuh wajah, hidung, atau mulut saat tangan dalam keadaan kotor atau belum dicuci.

“Juga hindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang yang sakit. Kemudian hindari juga menyentuh hewan atau unggas liar. Tak kalah penting bersihkan dan sterilkan permukaan benda yang sering digunakan,” ungkap Mahasiswa semester tujuh, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Walisongo Semarang ini.

Putri pun menyelipkan pesan kepada warga saat membagikan masker, untuk tutup hidung dan mulut ketika bersin atau batuk dengan tisu.

“Kemudian, buang tisu dan cuci tangan hingga bersih. Jangan keluar rumah, jika dalam keadaan sakit. Jangan lupa kenakan masker dan segera berobat ke fasilitas kesehatan ketika mengalami gejala penyakit saluran napas,” ujarnya kepada warga yang ditemui.

Menurut Fitri, dengan adanya pandemi Covid-19, mahasiswa KKN melaksanakan Program Jogo Tonggo, dalam rangka turut menjaga, satu sama lain di wilayah tempat tinggal.

“Untuk ikut serta berpartisipasi menanggulangi penyebaran virus Covid-19, mahasiswa KKN membagikan hand sanitizer kepada warga Gang Indah RT 03 RW 01 Kelurahan Jetis, Kecamatan Kota Kendal,” katanya.

Samentara itu, Aliya warga RW 03 kelurahan setempat, mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa KKN UIN Walosongo dengan kegiatan pembagian hand sanitizer untuk warganya.

“Saya berharap, agar warga selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun. Kemudian gunakan masker dan gunakan hand sanitizer apabila sedang berada di luar rumah, atau sulit menemukan air mengalir untuk cuci tangan,” tuturnya. (HS-EI)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.