Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Bandara Ahmad Yani Semarang Terapkan Social Distancing

Salah satu pengguna Bandara Ahmad Yani Semarang saat menunggu pesawat di ruang tunggu penumpang, Sabtu (21/3/2020).

 

HALO SEMARANG – Sebagai upaya dan mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menerapkan social distancing di beberapa area, dengan konsep pengaturan jarak minimal satu meter antarorang di area pelayanan publik. Teknisnya dengan menempelkan stiker berwarna kuning sebagai panduan jarak.

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melalui pidatonya terkait penanganan penyebaran dan dampak virus corona (Covid-19) di Istana Presiden di Bogor, Minggu 15 Maret 2020, serta Surat Edaran Menteri BUMN dan Surat Edaran Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Nomor: ED.15/KP.10.43.2020/DU tentang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) di Lingkungan PT Angkasa Pura I (Persero).

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan, konsep social distancing ini diterapkan untuk meminimalisasi potensi penyebaran dan penularan virus corona di area publik.

“Selain itu pemberian stiker tersebut sebagai upaya agar penumpang lebih tertib saat mengantre dan tidak membiasakan diri untuk berdesakan dengan penumpang lain, sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Penempelan stiker panduan jarak satu meter tersebut dilakukan pada beberapa area, di antaranya area pintu masuk keberangkatan, check in area, area pemeriksaan penumpang (SCP Centralize), area ruang tunggu domestik dan internasional, antrean di fixbridge dan garbarata, area kedatangan domestik dan internasional, area imigrasi, dan
antrean pengambilan bagasi.

Pada area ruang tunggu domestik dan internasional, jarak duduk antarorang di area boarding lounge juga diatur dengan posisi kursi menghadap ke beberapa arah.

Selain itu setiap orang juga diimbau untuk tidak duduk bersebelahan, melainkan satu kursi diberikan stiker bertuliskan “mari laksanakan social distancing, mohon kosongkan bangku ini” sebagai jarak antar satu kursi dengan kursi lainnya.

“Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang terus berupaya untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pengguna jasa bandara. Kami harap para pengguna jasa bandara, khususnya penumpang dan calon penumpang agar dapat lebih disiplin dengan mengikuti imbauan ini, sehingga dapat meminimalisir potensi penyebaran virus corona dan menjaga kenyamanan publik di tengah kondisi pandemi seperti ini,” tambah Hardi.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang