in

Antisipasi Klaster PTM, Siswa di Kendal Jalani Swab Antigen

Kegiatan swab antigen di MAN Kendal.

 

HALO KENDAL – Dinas Kesehatan dan Polres Kendal tes swab antigen di SMK Negeri 1 Kendal dan MAN Kendal, Kamis (23/09/2021).

Hal ini dalam rangka mengantisipasi munculnya klaster Covid-19 dalam pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, pelaksanaan PTM akan terus dilakukan evaluasi.

“Hal ini untuk mengetahui apakah ada klaster pada pelaksanaan PTM di Kendal atau tidak,” jelasnya.

Dari pelaksanaan swab antigen di MAN dan SMK Negeri 1 Kendal dengan total siswa 200 seluruhnya menunjukan hasil negatif.

Namun demikian, Dinkes meminta kepada pihak sekolah, untuk tetap waspada dan berhati-hati serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Hasil swab antigen di sekolah ini, nantinya dilaporkan ke Ketua Satgas Covid 19 dalam hal ini Bupati Kendal,” kata Ferinando.

Kapolres Kendal, AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan, kalangan usia pelajar sangat rentan tertular virus dengan tanpa gejala.

Untuk itu, sebagai upaya pencegahan awal agar tidak menyebarkan dan tertular, maka dilaksanakan pemeriksaan swab antigen.

“Langkah ini dilakukan agar tidak muncul klaster di PTM dan kesehatan di lingkungan sekolah tetap terjaga, termasuk di keluarga,” ujar Yuniar.

Sementara itu, Kepala MAN Kendal, Muh Asnawi mengatakan, kegiatan tes swab antigen ini sangat penting untuk mengendalikan angka covid, sehingga bisa terpantau.

“Sebelumnya 1.075 siswa sudah menjalani vaksinasi sehingga bisa membentuk herd immunity setidaknya dilingkungan sekolah,” ungkapnya.

Asnawi menjelaskan, pihak sekolah sendiri akan melakukan pemeriksaan protokol kesehatan untuk mencegah sekaligus mengendalikan Covid-19.

“Jika dari hasil swab ada indikasi yang positif, maka akan kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya. (HS)

Share This

Jateng Tekankan Daya Tarik Wisata Terapkan QR Code Peduli Lindungi

Bupati Sukoharjo Janjikan Atlet PON dan Peparnas Peraih Medali Mendapat Penghargaan