in

Antisipasi Kemacetan Mudik di Jabar, Korlantas Polri Gandeng Kemenhub dan Kerahkan Polwan

Foto : humas.polri.go.id

 

HALO SEMARANG – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan sejumlah strategi, untuk mengantisipasi kepadatan mudik di Jawa Barat (Jabar). Volume kendaraan di wilayah itu, diprediksi luar biasa padat.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, mengatakan pihaknya akan menerapkan contraflow, one way, dan menerjunkan tim urai untuk mengatasi kemacetan.

“Sudah menyiapkan cara bertindak yang akan dilakukan mulai contraflow, one way sampai nanti akan menerjunkan tim urai,” kata Aan, Senin (1/4/2024).

Langkah tersebut akan dibarengi dengan penyiagaan kendaraan operasional tim urai, termasuk tim urai dari polisi wanita (polwan).

“Dengan harapan pada saatnya nanti para pengemudi bisa lebih patuh lagi,” ujar Aan, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Aan mengatakan Korlantas Polri juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memetakan tempat-tempat rawan kemacetan dan menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Untuk memetakan tempat-tempat yang rawan kemacetan dan menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas mulai dari pengalihan, penutupan, sampai one way,” papar dia.

Sebelumnya, Aan mengungkapkan Jawa Barat menjadi salah satu titik rawan kepadatan saat mudik. Polri telah menyusun strategi guna mengantisipasi hal itu.

“Jawa Barat ini menjadi yang luar biasa yang memiliki titik rawan kepadatan arus lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2024,” kata dia. (HS-08)

Persiapan Arus Mudik, Kakorlantas Polri: Jawa Barat Ini Luar Biasa

Pemprov Jateng Gencarkan Gerakan Pangan Murah, Harga Sembako Mulai Menurun