in

Antisipasi Kebakaran, Lapas Semarang Gelar Simulasi Pencegahan Jago Merah

Petugas Lapas Semarang saat gelar simulasi pencegahan kebakaran dan pelatihan pemadaman api.

 

HALO SEMARANG – Tragedi kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang yang menyebabkan 44 orang meninggal dunia menjadi pelajaran serius yang harus diwaspadai oleh Lapas di Indonesia.

Demi mencegah kejadian serupa, seluruh jajaran Lapas Semarang menggelar simulasi pencegahan kebakaran dan pelatihan pemadaman api.

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan untuk melatih petugas agar sigap saat terjadi musibah kebakaran. Hal ini untuk meminimalisir korban kebakaran serta melatih kemampuan petugas untuk menjinakkan api dengan alat yang ada, saat terjadi kebakaran.

“Petugas Lapas Semarang mendapat teknik dan ilmu memadamkan api apabila terjadi kebakaran di Lapas Semarang,” katanya kepada halosemarang.id, Rabu (15/9/2021).

Dengan mendapat pengarahan instruktur dari Pemadam Kebakaran Kota Semarang, petugas Lapas memperagakan langsung dari cara memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan karung goni.

“Pelatihan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama, tapi karena padatnya kegiatan maka baru saat ini dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara Eko, salah satu petugas Lapas Semarang menilai, pelatihan ini tak hanya untuk antisipasi kebakaran di Lapas saja.

Dia mengatakan, ilmu penanganan kebakaran juga bisa digunakan untuk membantu ketika terjadi peristiwa kebakaran di manapun.

“Bersyukur kami menjadi tambah pengetahuan dalam hal keterampilan praktis dan taktis. Selain itu juga kita paham cara perawatan apar,” imbuhnya.(HS)

Share This

Polres Temanggung Pantau Pembelajaran Tatap Muka

AKBP Yuniar Ariefianto Pimpin Upacara Sertijab Tiga Pejabat Baru di Polres Kendal