Antisipasi Erupsi Merapi, Polda Jateng Siapkan 400 Lokasi Evakuasi

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi.

 

HALO SEMARANG – Polda Jawa Tengah dan TNI telah memetakan sejumlah daerah rawan, serta menyiapkan sebanyak 400 lokasi evakuasi bagi masyarakat sebagai upaya antisipasi kemungkinan terjadinya erupsi Gunung Merapi.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi menyatakan, pihaknya telah menyiapkan hampir 400 lokasi untuk evakuasi masyarakat di sekitar Merapi.

Menurutnya, ratusan lokasi evakuasi itu dapat menampung masyarakat yang mengungsi akibat erupsi Gunung Merapi.

“Sudah kami siapkan, ada beberapa tempat aula di sekitar Merapi yang dijadikan tempat evakuasi,” ujarnya usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Semarang, Selasa (10/11/2020).

Terkait kesiapan Polri/TNI dalam menghadapi status Siaga Gunung Merapi, Kapolda Jateng menyatakan bahwa TNI/Polri telah memetakan beberapa tempat rawan.

“Kami juga sudah persiapkan tenda manakala nanti aktivitas Merapi meningkat,” tuturnya.

Kapolda menambahkan, pihaknya bersama TNI dan  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Jateng telah membuat tim terpadu untuk memantau daerah-daerah yang ditinggalkan masyarakat untuk mengungsi.

“Kami mengajak masyarakat, kita tunjuk masyarakat untuk ikut pantau desa yang ditinggalkan,” katanya.

Dalam peringatan Hari Pahlawan ke-75 bertempat di TMT Giri Tunggal tersebut, dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi, Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji, PJU Polda Jateng, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Wagub Jateng Taj Yasin.

Meski di tengah pandemi, upacara bendera dan mengheningkan cipta dalam memperingati Hari Pahlawan dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” berlangsung khidmat.

“Kiranya apa yang telah dilakukan para pahlawan dapat menginspirasi kita untuk meneruskan perjuangan melawan berbagai permasalahan bangsa saat ini. Seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal termasuk Pandemi Covid -19 yang sedang melanda,” ujar kapolda.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.