in

Antisipasi Eksibionis di Cempolorejo, Polsek Semarang Barat Gencar Lakukan Patroli

Seorang pria yang belum diketahui identitasnya melakukan eksibionis atau memperlihatkan kemaluannya di depan korban saat berada di Cempolorejo II, Kelurahan Karangayu, Kecamatan Semarang Barat atau depan Kost Mr Djono.

HALO SEMARANG – Warga Cempolorejo, Kelurahan Krobokan, Kecamatan Semarang Barat dibuat resah oleh pelaku eksiobionis atau orang sengaja menunjukan kemaluan yang mencari target atau korban dengan mengendarai sepeda motor.

Kapolsek Semarang Barat, Kompol Dicky Hermansyah mengatakan, untuk mengantisipasi kejadian pelecehan tersebut, pihaknya akan gencar melakukan patroli dan mengoptimalkan fungsi Reserse dan Kriminal (Reskrim) agar masyarakat bisa tenang dan pelaku bisa segera diungkap.

“Tindak lanjut kami mengoptimalkan Bhabinsa dan juga fungsi Serse dari Polsek Semarang Barat untuk melakukan patroli sehingga kejadian itu (eksibionis atau pelecehan) tidak sampai terjadi lagi khususnya di wilayah Polsek Semarang Barat,” ujar Kompol Dicky kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat, yang memang mengalami kejadian pelecehan atau yang mengetahui peristiwa tersebut agar bisa membantu untuk menangkap pelaku dengan mendeskripsikan pelaku.

“Kami dari Polsek Semarang Barat menghimbau kepada masyarakat apabila melihat atau mengalami kejadian itu (pelecehan) agar mengidentifikasi pelaku baik dari baju, dari sarana kendaraan yang dipakai seperti plat nomor sehingga kami dari Polsek Semarang Barat khususnya fungsi Reskrim agar bisa segera menindak lanjuti,” paparnya.

Disisi lain, Dicky menjelaskan bahwa kejadian eksibionis atau pelecehan itu sudah terjadi beberapa hari yang lalu di Kelurahan Krobokan, Kecamatan Semarang Barat. Ia mengatakan, informasi yang ia terima, ada satu wanita yang hampir menjadi korban karena saat terduga pelaku hendak melakukan eksiobionis, korban menendang pelaku hingga kabur.

“Sudah tiga hari yang lalu. Saat kita melakukan pengecekan, memang kejadian itu belum terjadi. Hanya saja ada dugaan mengarah kesitu (eksibionis). Jadi terduga pelaku ini dari tangan kiri mau memegang korban dan tangan kanan memegang resletingnya. Melihat itu, korban menendang jadi belum sempat terjadi pelaku melarikan diri,” jelasnya.

“Dari hasil rekaman CCTV, kita belum mengetahui identitasnya. Dari nomor plat kita mengalami kendala dikarenakan kualitas dari CCTV kurang bagus,” tambahnya.

Sebelumnya, terakhir kali pelaku melakukan aksinya di sebuah Gang Cempolorejo II, Kelurahan Karangayu, Kecamatan Semarang Barat pada Kamis (12/5/2022) sekira pukul 12.30 WIB. Pelaku saat itu melakukan aksinya terhadap seorang wanita yang sedang duduk diatas motornya menunggu temannya di depan Kost Mr Djono.

Dalam rekaman CCTV, pelaku awalnya mengendarai kendaraanya dari Pasar Karangayu berkeliling untuk mencari target. Kemudian setiba di depan Kost Mr Djono, pelaku yang sudah melihat targetnya kemudian berpura-pura berhenti dan melakukan interaksi dengan korban.

Setelah memastikan situasi jalan aman dan dimungkinkan untuk melancarkan aksinya, pelaku kemudian membuka celananya dan menunjukan alat vitalnya. Tak hanya disitu, saat hendak kabur, pelaku juga berusaha untuk melakukan pelecehan seksual lainnya dengan memegang salah satu tubuh korban.

“Iya, sudah beberapa hari lalu kejadiannya. Korban usianya sekitar 25 tahun,” ujar penghuni kost, Luthfi saat ditemui, Selasa (17/5/2022).

Informasi yang diperoleh, pelaku sudah melancarkan aksinya selama dua hari secara berturut-turut.

Aksi pertama dilakukan pada Rabu (11/5) disusul kejadian kedua pada Kamis (12/5) pada pukul 09.25 WIB dan 13.30 WIB. Dalam rekaman CCTV, pelaku menghampiri seorang siswi yang sedang berada di Masjid Al Kautsar kemudian hendak menarik namun gagal karena beberapa temannya berdatangan. (HS-06)

Wabah PMK Masuk di Semarang, Dispertan Lakukan Biosekuriti Hewan Ternak

Presiden Longgarkan Aturan Pakai Masker, Ganjar: Di Luar Ruangan Tidak Apa-apa Tapi Harus Sadar Melindungi Diri