in

Antisipasi Banjir, Tanggul Sungai Dolog Ditinggikan

Peninggian tanggul Sungai Dolog, menggunakan karung yang diisi tanah. (Foto Demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Aparat TNI dan Polri, bersama warga serta relawan telah meninggikan tanggul Sungai Dolog, di Desa Tamansari, Kecamatan Mranggen.

Peninggian dan perkuatan dilakukan, karena beberapa waktu lalu air Sungai Dolog melimpasi tanggul tersebut, sehingga mengakibatkan banjir.

Selain pengikisan tanggul sungai, banjir juga akibat aliran air di bawah salah satu jembatan di kawasan tersebut tersumbat oleh sampah bambu.

“Mereka bekerja dari pagi hingga sore,” kata Danramil Mranggen Kapten Arm Sukartiyo, seperti dirilis Demakkab.go.id.

“Dari hari pertama pasca banjir Senin kemarin, TNI dan warga yang ada disini dibagi menjadi dua kelompok. Ada yang membantu peninggian tanggul, ada juga yang kerja bhakti membersihkan sampah bambu,” katanya

Ditambahkan untuk pengerjaan peninggian tanggul, sudah menghabiskan 450 sak karung berisi tanah padas untuk penguatan tanggul sepanjang 8 meter dan ketebalan 1 meter.

“Kita siapkan 500 sak karung yang berisi tanah padas, kita tumpuk disana, dengan bambu yang ditancapkan sebagai penguat, agar apabila kapasitas air sungai tinggi, karung-karung tersebut tidak terbawa arus. Diperkirakan tidak lama lagi akan selesai,”

Anggota Babinsa Desa setempat Serda Subur, juga menyampaikan untuk sedimen dan sampah bambu di bawah jembatan, sudah dikeruk menggunakan alat berat dari Pemkab Demak. (HS-08)

Share This

Resmi Jadi Duta Besar RI untuk Bulgaria, Iwan Bogananta Akan Perkuat Digital Platfom UMKM Indonesia

KPU Sragen Tetapkan Yuni-Suroto Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih