Antisipasi Banjir Tahunan, Kali Kancar Dawungsari Dinormalisasi

Alat berat sedang mengeruk sedimeentasi Kali Kancar di Desa Dawungsari, Pegandon, Minggu (8/11/2020).

 

HALO KENDAL – Sejumlah warga Desa Dawungsari, Kecamatan Pegandon, menyambut baik adanya pengerjaan normalisasi Kali Kancar, Kendal.

Pasalnya, warga Desa Dawungsari sudah lebih dari 30 tahun menunggu kali tersebut dinormalisasi. Namun belum ada perhatian dari pihak instansi terkait.

Padahal kondisi kali yang berbatasan antara Desa Dawungsari dengan Desa Wonosari tersebut, sudah mengalami pendangkalan parah dan sering menyebabkan banjir.

Salah seorang warga Desa Dawungsari, Imron mengatakan, warga menyambut gembira adanya normalisasi Kali Kancar.
Menurutnya, normalisasi sungai yang dikerjakan PT Selomukti itu sangat tepat untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan.

“Sudah lebih dari 30 tahun tidak pernah ada kegiatan normalisasi kali Kancar. Padahal kondisinya sangat dangkal dan sering menjadi penyebab banjir,” ungkapnya, Minggu pagi (8/11/2020).

Dikatakan Imron, sejak Dawungsari dipimpin Kades Isrofi, pembangunan desa mulai tampak. Salah satunya, normalisasi dengan melibatkan PT Selomukti.

“Warga sangat mengapresiasi kiprah kepemimpinan Pak Kades Isrofi yang bisa mewujudkan normalisasi kali. Setidaknya normalisasi itu akan mengurangi sedimentasi dan Desa Dawungsari tidak banjir lagi,” ungkap Imron.

Sementara itu, Kepala Desa Dawungsari, Isrofi mengatakan, selama ini Kali Kancar dipenuhi oleh sampah. Terutama saat pasca banjir.

“Kami sangat berterima kasih kepada warga dan dukungan Badan Pengawas Desa (BPD) Dawungsari, yang bersepakat menormalisasi sungai Kali Kancar secara swadaya atau mandiri yang dilakukan oleh desa,” ungkapnya.

Menurut Isrofi, normalisasi Kali Kancar memang sangat mendesak. Karena, jika tidak segera diatasi, sebagian dukuh di Desa Dawungsari akan kebanjiran.

“Tujuan normalisasi tidak lain untuk mengatasi banjir tahunan yang melanda sebagian dukuh di Desa Dawungsari,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.