in

Antisipasi Banjir, BPBD Kota Pekalongan Terjunkan Petugas Bersihkan Sungai dari Eceng Gondok

Petugas dari BPBD Kota Pekalongan membersihkan sungai dari eceng gondok, untuk mencegah terjadinya banjir. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan berupaya mengurangi potensi banjir, dengan membersihkan eceng gondok dan sampah di sejumlah sungai, di wilayah Pekalongan Barat, Kamis (23/9).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Pekalongan, Saminta menjelaskan sebelum pembersihan dilakukan, tim BPBD telah melakukan survei, mulai dari Sungai Meduri hingga Randujajar. Dari survei itu diketahui, di saluran-saluran itu tumbuh enceng gondok yang luar biasa.

BPBD kemudian mengerahkan delapan orang, untuk membersihkan eceng gondok tersebut secara bertahap. Tim juga telah memberdayakan masyarakat, untuk bekerja bakti di Kelurahan Pasir Karton Kramat (PKK) Pekalongan Barat, Jumat lalu.

“Dalam sehari, kami bisa mencapai 300 meter untuk membersihkan tergantung kondisi,” kata Saminta, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Namun upaya itu belum menunjukkan hasil maksimal, karena pertumbuhan enceng gondok yang luar biasa.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk mengangkut tanaman eceng gondok dan sampah, untuk langsung diangkut ke TPA. Hal ini pun langsung direspons baik oleh DLH Kota Pekalongan, dengan mengerahkan kendaraan-kendaraan pengangkut sampah.

Lebih lanjut pihaknya menargetkan sejumlah lokasi pembersihan eceng gondok, yakni di sepanjang Sungai Bremi, Sungai Meduri, Sungai Randujajar, hingga Pabean secara bertahap.

Jika kegiatan ini tidak bisa maksimal, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Sekda, agar dapat mengerahkan ASN untuk melakukan kerja bakti massal. Pihaknya juga membutuhkan bantuan alat berat, termasuk begu untuk mengeruk sungai.

“Jika dilakukan secara manual, memang tenaga kami kurang memadai. Akan lebih baik apabila bisa dibantu dengan alat begu dari DPUPR,” kata dia. (HS-08)

Share This

Koperasi di Kabupaten Pekalongan Berperan Bantu Anggotanya di Masa Pandemi

Survei 345 IMK di Kota Pekalongan, BPS Turunkan 15 Pendata