in

Antisipasi Balapan Liar, Polres Kendal Gelar Patroli Di Area Pelabuhan dan KIK

Patroli yang dilakukan Satlantas Polres Kendal di Pelabuhan Kendal, Minggu sore (5/9/2021).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka mengantisipasi aksi balapan liar, jajaran Satlantas Polres Kendal menggelar patroli di jalan menuju Pelabuhan dan KIK, Sabtu (4/9/2021) dan Minggu (5/9/2021).

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Heri Condro Ribowo menerangkan, patroli antisipasi balap liar ini bertujuan, untuk mencegah dan mempersempit ruang gerak kemungkinan berkembangnya kegiatan balap liar.

Apalagi selama ini, aksi balap liar membuat tidak nyaman masyarakat, dan street cryme yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan mengganggu pengendara jalan lain. Dikatakan, aksi balap liar memang kerap dilakukan sekelompok atau komunitas anak muda pada Sabtu malam dan Minggu malam di lokasi tersebut.

“Hal ini jelas sudah sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat. Untuk mengantisipasinya maka kami melakukan patroli mulai pukul 16.30 WIB hingga menjelang larut malam. Agar situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif,” terang Heri Condro.

Saat pelaksanaan patroli, petugas menghampiri para anggota komunitas motor yang sedang asyik nongkrong. Kemudian petugas memberikan pembinaan dan penyuluhan.

“Ya kita lakukan pendekatan humanis kepada para komunitas motor yang sedang nongkrong. Kita sampaikan penyuluhan tertib berlalu lintas kepada mereka,” ujarnya.

Heri Condro menegaskan, kepada para anggota komunitas motor, petugas memberikan peringatan untuk tidak melakukan kegiatan balapan liar, yang dapat merugikan diri sendiri dan meresahkan masyarakat.

“Bagi yang masih membandel dan kedapatan tak melengkapi surat kendaraannya, maka langsung kita amankan,” tandasnya.

Sejauh ini, lanjut Heri Condro, pihaknya telah menyiagakan personel untuk melakukan patroli guna mencegah terjadinya balap liar ini.

Selain di pusat keramaian, dan lokasi rawan kegiatan balap liar, patroli juga diarahkan ke wilayah Kawasan Industri Kendal (KIK).

“Pada saat pelaksanaan patroli ini kami berhasil mengamankan satu unit sepeda motor, yang tidak dapat memperlihatkan surat-surat kendaraannya,” pungkas Heri Condro.

Selain patroli mengantisipasi balapan liar, jajaran Polres Kendal juga melaksanakan operasi masker. Bagi para pengendara yang kedapatan tidak mengenakan masker akan diperingatkan dan diberi masker.(HS)

Share This

Pengrajin Topeng dan Jaran Kepang Banting Setir Rangkai Miniatur Truk Oleng

Ikatan Wanita Bank Jateng Rayakan HUT ke-21 dengan Berbagi Ribuan Paket Sembako