in

Anti Boros Selama Ramadan, Begini Tips Atur Keuangan Ala Financial Planner Prita Ghozie

Financial Planner, Prita Ghozie Hapsari.

HALO SEMARANG – Bulan suci Ramadan merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selama satu bulan penuh umat Muslim akan berlomba-lomba dalam kebaikan menjalankan berbagai ibadah demi mendapatkan berkah Ramadan.

Datangnya Ramadan juga diikuti dengan beberapa pengeluaran baru yang bisa membuat cashflow menjadi terganggu. Mulai dari potensi kenaikan harga bahan pokok, ajakan berbuka puasa di luar, hingga pengeluaran kebutuhan untuk merayakan hari raya Idul Fitri dan mudik.

Financial planner Prita Ghozie Hapsari melalui akun media sosialnya, menjelaskan, bahwa menurut studi 42 persen dari generasi milenial menyampaikan kondisi ekonominya memburuk karena perilaku impulsif serta menimbulkan utang baru. Apalagi di
bulan Ramadan yang konon bisa menimbulkan efek impulsif yang lebih besar.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan di bulan Ramadan anti boros. Berikut beberapa tips yang dibagikan Prita Ghozie untuk bisa mengatur keuangan dengan baik selama bulan Ramadan.

1. Menyusun Rencana Keuangan
Membuat perencanaan keuangan yang jelas selama bulan Ramadan sangatlah penting. Masukkan seluruh potensi pengeluaran baru yang bakal muncul di bulan Ramadan, contohnya pengeluaran buka puasa bersama di luar, pembelian tiket mudik, akomodasi saat mudik dan kebutuhan lain untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

Dari rencana sebulan tersebut coba bagi lagi menjadi perencanaan per minggu (weekly). Perencanaan per minggu ini penting untuk dibuat supaya bisa menjaga cashflow agar tidak melebihi rencana yang seharusnya.

2. Buat Jadwal Buka Bersama

Coba jujur, berapa banyak ajakan buka bersama di luar yang datang di bulan Ramadan?. Buka puasa di luar bersama keluarga, teman, atau kolega kantor menjadi kegiatan yang sulit dihindari selama Ramadan. Namun tidak semua ajakan buka bersama di luar perlu ikuti, karena semakin banyak buka bersama di luar, semakin besar pula uang yang mesti dikeluarkan. Lalu, buatlah jadwal buka bersama berdasarkan skala prioritas. Misalnya buka bersama di luar dengan keluarga, sahabat atau teman dekat, dan kolega menjadi yang utama. Sisanya pilihlah ajakan dari teman lain yang benar-benar ingin ditemui.

3. Hindari Bayar dengan Cicilan
Selama Ramadan usahakan untuk membeli dengan sistem bayar lunas atau tunai. Membayar dengan sistem bayar tunda alias mencicil bakal menambah beban cicilan di bulan tersebut.

Prita menjelaskan, salah satu aplikasi yang dapat membantu mengurangi pengeluaran selama Ramadan adalah SeaBank. Salah satu keuntungannya ketika membayar dengan SeaBank Bayar Instan di e-commerce Shopee banyak promo khusus bagi nasabah. SeaBank mulai dari gratis ongkir hingga voucer diskon. Selain mengurangi jumlah biaya, juga bisa terbebas dari biaya transportasi.

Prita juga menambahkan, bahwa keunggulan lain memakai SeaBank adalah gratis biaya admin saat
melakukan transfer. Hal ini tentu bakal menghemat biaya saat bulan Ramadan, dimana biasanya melakukan transfer untuk kebutuhan berbelanja, transfer ke keluarga, transfer THR ke pegawai, dan lain-lain.

Aplikasi SeaBank juga dapat membantu mengelola keuangan. Selain dapat melihat besaran pengeluaran per hari di bagian riwayat transaksi, sehingga berapa jumlah uang yang dikeluarkan dapat langsung dibandingkan dengan perencanaan mingguan.

Terakhir Prita juga menjelaskan, bahwa menjadi nasabah SeaBank terjamin keamanannya. Hal ini karena SeaBank telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Aplikasi SeaBank juga telah memiliki dua langkah verifikasi untuk menjaga keamanan dana nasabah serta mencegah transaksi yang tidak diinginkan. SeaBank juga menggunakan sistem enkripsi untuk mencegah akses tanpa izin dengan mengenkripsi informasi dan mendeteksi aktivitas mencurigakan. (HS-06)

Gerakkan Ekonomi Warga, 56 UMKM Ramaikan Bazar Ramadan 2024

Tertangkap Curi Jam Tangan dan Tabung Elpiji di Semarang, Pria Ini Babak Belur Diamuk Warga