Anjing SAR Berjasa Temukan Satu Jenazah Korban Siklon Tropis Seroja

Anjing berkualifikasi SAR mencari korban yang hilang dalam bencana di Kabupaten Kupang, Jumat (9/4). (Foto : bnpb.go.id)

 

HALO SEMARANG – Walaupun tak semua orang bisa menganggap anjing sebagai hewan yang menyenangkan, namun mahluk berkaki empat ini terbukti telah sering “berjasa” bagi manusia.

Salah satunya adalah ketika seekor anjing dengan kualifikasi search and rescue (SAR), yang berhasil menemukan seorang korban bencana siklon tropis Seroja di Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Koordinator SAR Dog yang dikerahkan BNPB, Hardianto Wardjaman menyampaikan dalam tempo satu jam sejak diterjunkan ke lokasi terdampak, anjing SAR menemukan satu warga, yang sebelumnya dilaporkan hilang. Setelah ditemukan, jenazah korban pun langsung dievakuasi oleh tim SAR.

- Advertisement -

Sehari sebelumnya, tim SAR memang menyiagakan dua ekor anjing di Kota Kupang. Kepala BNPB Doni Monardo, kemudian menginstruksikan jajarannya, untuk mengerahkan anjing dalam upaya mencari korban hilang.

“Kami berhasil menemukan satu korban. Dalam kurun waktu satu jam, SAR dog kami dan Basarnas, menyisir sejauh dua hingga tiga kilometer. Korban berasal dari Kabupaten Kupang,” ujar Hardianto, dalam rapat koordinasi antar pos komando, Jumat (9/4).

Sementara itu, anjing berkualifikasi SAR di Weimatan, Lembata, juga berhasil mengidentifikasi tiga lokasi yang diperkirakan terdapat jenazah warga hilang.

Dari tiga lokasi itu, dua jenazah telah berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan. Keluarga korban yang menunggu proses evakuasi jenazah anggota keluarganya menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNPB dan Gubernur NTT dalam upaya pencarian dan evakuasi korban hilang.

Hardianto mengatakan medan evakuasi korban sangat sulit. Warga desa setempat dan sukarelawan harus membuat rute untuk akses eskavator untuk mengevakuasi korban tersebut.

Anjing SAR dari Jakarta Rescue ini, akan melanjutkan upaya pencarian pada hari ini, Sabtu (10/4) di Weimatan. Dengan ditemukannya korban hilang di Kabupaten Kupang, anjing SAR akan dikerahkan untuk mendukung operasi pencarian di wilayah lain.

BNPB mendapatkan dukungan Polri dan Jakarta Rescue untuk membantu operasi pencarian dan evakuasi dengan anjing SAR di lokasi tersebut.

Jakarta Rescue mengirimkan tujuh ekor anjing dengan kualifikasi SAR. Ketujuh anjing Jakarta Rescue yang dikerahkan oleh BNPB ini, berasal dari beberapa unit Jakarta Rescue, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jakarta Timur dan Jawa Tengah. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.