in

Angkutan Air di Halte Sungai Serayu Akan Diuji Coba 20 Juni

Halte Sungai Serayu, yang akan diuji coba Minggu (20/6). (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, akan menguji coba angkutan air di Halte Sungai Serayu, Minggu (20/6). Para pengguna jasa nantinya membayar, sesuai kesepakatan dengan pemilik perahu.

Kepala UPTD Pengelola Sarana Dan Prasarana Perhubungan (UPTD PSPP), Taryono, mengatakan Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas telah membuka pendaftaran operator Halte Sungai Serayu, melalui Aplikasi Angsamas (Angkutan Serayu Banyumas).

Sampai kemarin sudah ada lima operator yang mendaftar. Dari lima tersebut, dua di antaranya sudah diverifikasi, yaitu Pesona Wisata Kalisuren (PWK) Desa Papringan Kecamatan Banyumas dan Paguyuban Masyarakat Penggiat Sungai Serayu (PMPS) Rawalo.

Menurut Taryono untuk pendaftaran operator, saat ini belum ditarget maksimal, masih berbasis masyarakat, dan menggali potensi dan pemberdayaan.

“Uji coba 20 Juni nanti dari Papringan ke Tambaknegara dan sebaliknya. Sesuai halte yang sudah selesai dibangun, dan berlaku untuk masyarakat umum,” kata dia, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Mengingat masih pandemi Taryono berpesan kepada operator dan penumpang agar mematuhi protokol kesehatan dan juga menjaga keselamatan.

Rencana uji coba ini perahu yang digunakan adalah milik masyarakat, maka penumpang harus membayar sesuai kesepakatan, belum ditentukan tarif. Sedangkan pemanfaatan dermaga masih gratis, karena belum dibuat Peraturan Daerah (Perda).

“Ke depan direncanakan pengadaan kapal patroli oleh pemda serta pengembangan kegiatan untuk menumbuhkan bangkitan penumpang, yang terintegrasi dengan angkutan darat, dan lain sebagainya,” kata dia. (HS-08)

Share This

Weleri Zona Merah, Forkopimcam Adakan Koordinasi Penanganan

Duta Genre 2021 Cilacap Diajak Sosialisasikan Pencegahan Stunting